ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN TENTANG KENAIKAN BBM DI MEDIA ONLINE WASPADA.ID DAN MEDANBISNISDAILY. COM

Taufik Ilham

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana framing pemberitaan kenaikan BBM di media online Waspada.id dan Medanbisnisdaily.com edisi September 2022. Alasan penelitian pada edisi September ini dikarenakan berita kenaikan BBM pertama kali dipublikasikan pada bulan ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis framing Robert N. Entman dengan pendekatan kualitatif melalui empat elemen yang dimilikinya, yaitu mencakup : define problems, diagnose cause, make moral judgement, dan treatment recommendations. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dan persamaan antara framing dari waspada.id dan medanbisnisdaily.com. Dari elemen framing yang pertama, kedua media mendefinisikan isu kenaikan BBM sebagai masalah ekonomi. Elemen framing yang kedua, media tersebut menempatkan kenaikan BBM sebagai sumber masalah. Elemen framing yang ketiga, media tersebut memiliki perbedaan dalam membuat keputusan moral yaitu pemerintah daerah di wilayah Sumut berupaya mencegah dan mengatasi dampak kenaikan BBM dan dengan kenaikan BBM, pemerintah dinilai sudah melukai hati masyarakat serta membuat perekonomian masyarakat semakin terpuruk. Dan elemen framing yang terakhir, media Waspada.id menekankan penyelesaian isu kenaikan BBM ialah untuk menyampaikan aspirasi masyarakat kepada DPR RI atau pemerintah pusat. Sedangkan Medanbisnisdaily.com menekankan penyelesaian ialah antisipasi dilakukan pemrintah daerah terhadap dampak yang ditimbulkan kenaikan BBM.


Full Text:

PDF

References


Anggoro, A. D. (2014). Politik dan Kekuasaan (Analisis Framing Model Robert

N. Entman Tentang Pemberitaan Hasil Pemmilihan Presiden, 9 Juli 2014 di TV One dan Metro TV. Jurnal Komunikasi, 7.

Butsi, F. I. (2019). Mengenal Analisis Framing: Sejarah dan Metodologi. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 1(2), 52-58.

Febriani, N. K., Cahyani, D. Y., & Gelge, N. M. (2016). Pembingkaian Berita Seratus Hari Kerja Jokowi-JK (Analisis Framing Program Berita di Metro Hari Ini. Jurnal Komunikasi , 5.

Gaio, A. M., Mondry, & Diahloka, C. (2015). Analisis Framing Robert Entman pada Pemberitaan Konflik KPK vs Polri di Vivanews.co.id dan Detiknews.com. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 1.

Habibie, D. K. (2018). Dwi Fungsi Media Massa. Jurnal Ilmu Komuikasi, 1. Hanifah , U. (2019). Analisis Framing Tentang Wacana Terorisme di Media

Massa (Majalah Sabili). Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 3.

Haryati. (2012). Konstruktivisme Bias Gender dalam Media Massa. Jurnal Komunikasi, 10.

Hasan , K. (2014). Kontruksi Realitas Sosial dalam Media Massa. Jurnal Bahan Ajar, 2.

Hutami , M. F., & Sjafirah, N. A. (2018). Framing Media Online Tribunnews.com terhadap Sosok Perempuan dalam Berita Vidio Pornografi Depok. Jurnal Ilmiah Komunikasi, 7.

Karman. (2015). Konstruksi Realitas Sosial sebagai Gerakan Pemikiran ( Sebuah Telaah Teoritis terhadap Konstruksi Realitas Peter L. Berger) . Jurnal Penelitian Komunikasi, 2.

Kheyene, B. M., Pratiwi, M. R., & Muna, N. (2020). Analisis Framing Pemberitaan Generasi Milenial dan Pemerintahterkait Covid-19 di Media Massa. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3.

Krisdinanto, N. (2014). Anomali dan Teori Hirarki Pengaruh terhadap Isi Media. Jurnal Ilmiah Komunikasi, 2.

Leliana, I., Herry, Suratriadi, P., & Enrieco, E. (2018). Analisis Framing Model Robert Entman Tentang Pemberitaan Kasus Korupsi Bansos Juliari Batubara di Kompas.com dan BBC Indonesia.com. Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 2.

Lenaini, I. (2012). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 2.

Muslich, M. (2008). Kekuasaan Media Massa Mengontruksi Realitas. Jurnal Bahasa dan Seni, 12.

Pinontoan, N. A., & Wahid, U. (2014). Analisis Framing Pemberitaan Banjir Jakarta Januari 2020 di Harian Kompas.com dan Jawapos.com. Jurnal Komunksi dan Teknologi Informasi, 7.

Siswanti , N. (2019). Analisis Framing Media: Studi Komparatif Media Online CNN dan KOMPAS Terkait Fenomena Kemanusiaan di AL-AQSA Periode 20-30 Juli 2017. Jurnal Riset Komunikasi, 3.

Takalelumang, R. (2019). Penerapan Kode Etik Jurnalistik di Media Online Komunikasulut. Jurnal Komunikasi, 8.




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v2i1.8752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.