ANALISIS PEMANFAATAN FITUR SEVIMA EDLINK PADA PROSES AKADEMIK DI IAIN PAREPARE

Wahyuddin Wahyuddin, Muhammad Saleh, Sulvinajayanti Sulvinajayanti, Nurhakki Nurhakki, Jesika Anastasia

Abstract


Sevima Edlink sebagai teknologi baru dianggap solusi penting dalam menjaga proses akademik. Melihat kebermanfaatan aplikasi tersebut khususnya pada fitur yang ada dalam mendukung proses perkuliahan. Untuk itu penelitian ini bertujuan mengetahui pemanfaatan fitur aplikasi sevima edlink untuk mendukung proses akademik di IAIN Parepare. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori Adaptive Sctructuration Theory dan teori Computer Mediated Communication (CMC). Studi ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan studi kasus ddalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan pengguna fitur aplikasi sevima edlink (dosen dan mahasiswa) mudah dalam memanfatkan aplikasi pada proses akademik di IAIN Parepare. Pengguna aplikasi juga merasa lebih efesien dalam memanfaatkan fitur aplikasi sevima edlink. Kebanyakan pengguna juga setuju jika aplikasi ini terus dimanfaatkan dalam mendukung keberlangsungan proses akademik di kampus IAIN Praepare. Disisi lain, proses komunikasi yang terjalin dalam memanfaatkan fitur aplikasi ini kurang efektif, sehingga mesti ada konsep pengembangan ke arah yang baru untuk lebih ditingkatkan, sebagai alternatif pembelajaran jika ada kendala dalam  hal tertentu.

Full Text:

PDF

References


Argyris, C. , & S. D. A. (1978). Organizational: A Theory of Action Perspective. MA: Addison-Wesley.

Ariani, A. T. (2018). Penerapan Model Blended Learning Dalam Pembelajaran Berbasis Web Pada Materi Perubahan Sosial Budaya Dengan. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 46–61.

Burns, T. , & S. G. M. (1961). The Managent of Innovation. Tavistock.

Daft, R. L. , & L. R. H. (1986). Organizational information requirements, media richness and structural design. Management Science, 32(5), 554–571.

Darwanto, & Khasanah, M. (2021). Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Platform Edlink (Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran di Masa Pendemi Covid-19). Jurnal Eksponen, 11(1), 6.

Delfiana. (2022). Eefektivitas Penerapan Learning Management System (Lms) Berbasis Sevima Ed-Link Terhadap Partisipasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Parepare.

Fadhol. (n.d.). Kumpulan Tanya Jawab Terkait Aplikasi SEVIMA EdLink.

Fadhol. (2020, January 15). Sevima Edlink: Metode Baru Mejalankan Perkuliahan. Https://Sevima.Com/Sevima-Edlink-Metode-Baru-Menjalankan-Perkuliahan/.

Faldhol. (2020, September 29). Sevima Edlink, Aplikasi LSM Terbaik Karya Anak Bangsa. Https://Sevima.Com/Sevima-Edlink-Aplikasi-Lms-Terbaik-Karya-Anak-Bangsa/.

Fitrah, Muh., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus (Ruslam & Moch. E. Mahfud, Eds.; 1st ed.). CV Jejak.

Gray, B. (1989). Collaborating: Finding Common Ground for Multiparty Problems. . CA: Jossey-Bass.

Heifetz, R. A. , G. A. , & L. M. (2009). The Practice of Adaptive Leadership: Tools and Tactics for Changing Your Organization and the World. MA: Harvard Business Press.

Herring, S. C. (2002). Computer-mediated communication on the Internet. Annual Review of Information Science and Technology, 36(1), 109–168.

Heryana, A., & Unggul, U. E. (2018). Informan Dan Pemilihan Informan Dalam Penelitian Kualitatif. Sistem Informasi Akuntansi: Esensi Dan Aplikasi, December, 14.

Holling, C. S. (1973). Resilience and Stability of Ecological Systems. Annual Review of Ecology and Systematics, 4, 1–23.

Hrastinski, S. (2008). Asynchronous and synchronous e-learning. Educause Quarterly, , 31(4), 51–55.

Kapriadi, P. R., & Irwansyah. (2020). Implementasi Computer Mediated Communication Dalam Digital Staffing Berbasis Mobile Applications and Online Platform. Kareba: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 382–399.

Laut, I. M. M. J. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori Penerapan dan Riset Nyata (1st ed.). Anak Hebat Indonesia.

Luckandi, D. (2019). Analisis Transaksi Pembayaran Menggunakan Fintech Pada UMKM Di Indonesia: Pendekatan Adaptive Structuration Theory. Jiko - Stmik Akakom Yogyakarta, 4(1), 1–86.

Monita, R. (2021). Analisis Efektivitas Komunikasi Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa FMIPA Universitas Riau. Jom Fisip, 8, 1–15.

Muhammad, A., & Amaliah, R. (2017). Pemanfaatan Jurnal Elektronik Sebagai Sumber Referensi Dalam Penulisan Skripsi Di Institut Pertanian Bogor. Libraria , Vol. 5, No. 1, Juni 2017, 5(1), 1–24.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

Novandini, C. D., & Luta, M. W. D. (2018). Pemanfaatan Kelas Virtual Sevima Edlink untuk Memotivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika Semester 1 Mata Kuliah Aljabar & Trigonometri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomanesia, 393–399.

Nur Efendi, & Muh Ibnu Sholeh. (2023). Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85. https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.25

Rice, R. E. (1992). Task analyzability, use of new media, and effectiveness: A multi-site exploration of media richness. Organization Science, 3(4), 475–500.

Rusli, M., Hermawan, D., & Supuwiningsih, N. N. (2020). Memahami E-Leraning Konsep, Teknologi dan Arah Perkembangan (L. Mayasari, Ed.; 1st ed.). Perbit ANDI.

Rustan, A. S., & Hakki, N. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. Deepublish.

Saepudin, A., & Ulfah, S. (2015). Penerapan Program Parenting Berbasis E-Learning Dalam Mengembangkan Kemampuan Mendidik Anak. Jurnal Teknodik, 2, 241–250. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.130

Safira, C., Pujiastuti, R. B. N., & Lestari S, S. S. (2023). Manajemen Komunikasi Ormas Lindu Aji Melalui Media Sosial Dalam Membangun Public Trust. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 12(1), 26–43. https://doi.org/10.35508/jikom.v12i1.8114

Senge, P. M. (1990). The Fifth Discipline: The Art and Practice of the Learning Organization.

Short, J. , W. E. , & C. B. (1976). The social psychology of telecommunications.

Sosiawan, E. A., & Wibowo, R. (2019). Model dan Pola Computer Mediated Communication Pengguna Remaja Instagram dan Pembentukan Budaya Visual. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(2), 147. https://doi.org/10.31315/jik.v16i2.2698

Syawal, M., Lasut, D. S. –, & Tore, A. (2019). Pemanfaatan Jasa Layanan Koleksi Buku Tandon (Reservation) oleh Mahasiswa di UPT Perpustakaan Unsrat. Acta Diurna, V(5), 1 of 11.

Tushman, M. L. , & O. C. A. (1996). Ambidextrous Organizations: Managing Evolutionary and Revolutionary Change. . California Management Review, 38(4), 8–30.

Usman, Zulfa, Hardyanti, Zamzam, & Qadarudin. (2022). Literasi Digital Dan Mobile Learning. IAIN Parepare Nusantar Press.

Wahyuddin. (2022). Coretan Narasi Pendidikan Keagamaan Teknologi dan Digitalisasi (Hayana, Ed.; 1st ed.). IAIN Parepare Nusantara Press. https://doi.org/https://doi.org/10.7788/ipn.46

Wahyudin, A. H. (2017). Kinerja Kepala Madrasa Sebagai Supervisior Pembelajaran Di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Ciruas Serang. An-Nidhom: Jurnal Manajeman Pendidikan Islam, 2(1), 28–49.

Walther, J. B. (1996a). Computer-mediated communication: Impersonal, interpersonal, and hyperpersonal interaction. . Communication Research, 23(1), 3–43.

Walther, J. B. (1996b). Computer-mediated communication: Impersonal, interpersonal, and hyperpersonal interaction. . Communication Research, 23(1), 3–43.

Wibowo, R., & Sosiawan, E. A. (2018). Model dan Pola Computer Mediated Communication Pengguna Remaja Instagram dan Pembentukan Budaya Visual. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(2), 147–157.

Yoo, Y. , B. R. J. , L. K. , & M. A. (2012). Organizing for Innovation in the Digitized World. Organization Science, 23(5), 1398–1408.




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v2i2.9694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.