PERAN KEPEMIMPINAN DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR KECAMATAN MEDAN JOHOR

Rahmad Maulana, Mardiansyah Mardiansyah

Abstract


Berdasarkan UU No.14 Tahun 2008 menyesuaikan dengan tuntutan zaman berbagai provinsi dan kabupaten/kota mulai memanfaatkan IT terkoneksi internet dan bersifat real time mendukung kinerjanya yang outputnya meningkatkan kualitas pelayanan terhadap publik.Kecamatan Medan Johor memiliki keterbatasan sarana prasarana berbasis IT. Keterbatasan tersebut menjadi faktor lainnya yang menghambat peningkatan kualitas pelayanan terhadap masyarakat. Sehingga, kualitas pelayanan publik berbasis IT di Kecamatan Medan Johor tidak jauh berbeda dengan kualitas pelayanan publik secara manual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan kepemimpinan dalam penggunaan teknologi informasi terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Kecamatan Medan Johor, mengetahui faktor- faktor apa yang mempengaruhi kepemimpinan dalam penggunaan teknologi informasi terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Kecamatan Medan Johor. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Adapun metode analisis data penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Jenis data pada penelitian ini yaitu data sekunder dan data primer. Data sekunder diperoleh dari jurnal, buku dan sumber data yang tersedia, sedangkan data primer diperoleh dari hasil wawancara terhadap informan yang ditentukan. Adapun hasil penelitin menyatakan bahwa; Peranan kepemimpinan dalam penggunaan teknologi informasi terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Medan Johor belum optimal, karena pemimpin di Kantor Kecamatan Medan Johor belum mampu menjadikan pelayanan berbasis teknologi informasi sebagai program kerja utama. Faktor-faktor yang mempengaruhi peran kepemimpinan dalam penggunaan teknlogi informasi terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Medan Johor terdiri dari faktor personal pemimpin, faktor sumber daya dan faktor birokrasi.

Full Text:

PDF

References


Abijaya, Sastra, Eka Wildanu, and Agus Jamaludin. “Peranan Kepemimpinan Dalam Organisasi (Studi Kasus Peran Pimpinan Dalam Menjaga Soliditas Karyawan Di PT. Nippon Indosari Corpindo).” Jurnal Soshum Insentif 4, no. (2021): 17–26. https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalsoshum/article/view/442/156.

Anggraini, Nia, and R. Rudi Alhempi. “ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PT HAWAII HOLIDAY HOTEL PEKANBARU.” Jurnal Inovasi Penelitian 1, no. 10 (2021): 1–208.

Armaniah, Henny, Amas Sari Marthanti, and Faif Yusuf. “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BENGKEL AHASS HONDA.” Managerial – Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen 2, no. 2 (2019): 62–72.

Aziz, Said Abdul. “IMPLEMENTASI KEBIJAKAN.” Jurnal Kebijakan Publik 7, no. 1 (2016): 1–98.

Brigette Lantaeda, Syaron, Florence Daicy J. Lengkong, and Joorie M Ruru. “Peran Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam Penyusunan Rpjmd Kota Tomohon.” Jurnal Administrasi Publik (JAP) 04, no. 048 (2002): 243.

Djamil Hasim. “Peranan Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Kampung Paray Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor.” Gema Kampus IISIP YAPIS Biak 11, no. 1 (2016): 63–75.

Handayani, Riana Prastiwi, and Adi Lukman Hakim. “The Moderation Effect of Work Discipline: Leadership Style on the Statistics Indonesia Employee Performance in Lamongan.” Journal of Leadership in Organizations 4, no. 2 (2022): 120–133.

Hutami, Gartiria, and Anis Chariri. “Pengaruh Konflik Peran Dan Ambiguitas Peran Terhadap Komitmen Independensi Auditor InternalPemerintah Daerah.” Universitas Diponegoro, no. 1 (2011): 1–27.

Kurniawan, Robi Cahyadi. “Inovasi Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah” 10, no. 3 (2016): 569–586.

Masyhur, Firdaus. “Penelitian E-Government Di Indonesia : Studi Literatur Sistematis Dari Perspektif Dimensi Pemeringkatan e-Government Indonesia ( PeGI ) e-Government Research in Indonesia : Systematic Literature Review from The Perspective of e-Government Ranking Dimensio” 19, no. 1 (2017): 51–62.

Mondy, R. W., & Martocchio, J. J. Human Resource Management., 2016.

Negara, Jurnal Administrasi, Joko Susanto, and Zepa Anggraini. “THE QUALITY OF PUBLIC SERVICE IN SUBDISTRICT OFFICE TABIR” 25 (2019).

Nurjaya, Afifah Mukhtar, and A. Nur Achsanuddin. “GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI, PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PEGAWAI.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Volume Volume 2, no. 1 (2020).

Parashakti, Ryani Dhyan, Fakultas Ekonomi, Universitas Mercu Buana, and Jakarta Barat. “Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank BJB Cabang Tangerang” 10, no. 1 (2019).

Sudriamunawar, Haryono. “Konsepsi Pemimpin Dan Kepemimpinan.” manajerial2, no. 3 (2003): 13–18.

Taufana, Verryza Agridita. “Kualitas Pelayanan Dalam Perspektif Strategi Pelanggan Di Bandara Sepinggan, Balikpapan.” Pelayanan Publik 1, no. 1 (2014): 1–12.

Thanh, Nguyen Hai. “Digital Transformation: Smart Strategy in Administrative Reform in Vietnam.” HighTech and Innovation Journal 2, no. 4 (2021): 328–348.

Tulungen, Evans E.W., David P.E. Saerang, and Joubert B. Maramis. “Transformasi Digital : Peran Kepemimpinan Digital.” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 10, no. 2 (2022): 1116–1123.

Utari, Sri, and Moh. Mustofa Hadi. “Gaya Kepemimpinan Demokratis Perpustakaan Kota Yogyakarta (Studi Kasus).” Jurnal Pustaka Ilmiah 6, no. 1 (2020): 994.

UU Pemerintah RI. “UU Tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU Nomor 14 Tahun 2008).” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (JTIK) STMIK ProVisi Semarang (2008): 49–60.

Yare, Mince. “Peran Ganda Perempuan Pedagang Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Kelarga Di Kelurahan Karang Mulia Distrik Samofa Kabupaten Biak Numfor the Dual Role of Women Traders in Improving Family Welfare in Karang Mulia Village, Samofa District, Biak Regency Numfor.” Copi Susu 3, no. 2 (2021): 1–12.

Yudha, Herlambang, and Tony Dwi Susanto. “E-Leadership: The Effect of E- Government Success in Indonesia.” Journal of Physics: Conference Series 1201, no. 1 (2019).

Zulfakhri Ahmadi. “Rencana Strategis Kecamatan Medan Johor Tahun 2021- 2026.” Medan: Kecamatan Medan Johor, 2021.




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkan.v3i1.10497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.