IMPLEMENTASI TUGAS POKOK DAN FUNGSI KECAMATAN DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAHAN KOTA MEDAN

Wulan Ramadani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Peraturan Walikota Medan No 49 Tahun 2023 Tentang Rincian Tugas dan Fungsi Kecamatan/Kelurahan yang dilaksanakan Di Kantor Camat Medan Tembung. Untuk mengkaji permasalahan tersebut, peneliti menggunakan teori implementasi kebijakan public menurut Van Meter dan Van Horn. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan kebijakan tersebut serta factor- faktor apa saja yang menghambat pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan peneliti bertindak sebagai instrument penelitian. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Proses analisis data menggunakan model yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Prosedur pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan mengadakan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Peraturan Walikota Medan No 49 Tahun 2023 telah memberikan kerangka kerja yang jelas untuk tugas dan fungsi kecamatan dalam pelayanan administrasi kependudukan, implementasinya masih menghadapi beberapa tantangan. Faktor-faktor seperti kurangnya pemahaman yang mendalam dari petugas kecamatan terkait peraturan tersebut, kurangnya sumber daya manusia dan sarana prasarana yang memadai, serta koordinasi yang belum optimal antarinstansi menjadi hambatan utama dalam mencapai maksimalnya implementasi. Penelitian ini merekomendasikan perlunya meningkatkan sosialisasi dan pelatihan kepada petugas kecamatan mengenai tugas pokok dan fungsi mereka sesuai peraturan yang berlaku, peningkatan investasi dalam sumber daya manusia dan infrastruktur yang mendukung, serta perbaikan dalam koordinasi antarinstansi terkait pelayanan administrasi kependudukan di Kota Medan.

Full Text:

PDF

References


Ade Heryana. 2018. “Informan dan Pemilihan Informan pada Penelitian Kualitatif”.

Agustino, L. 2008. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Hlm, 139

Alfabeta. Ali,F, dan Alam, A.S. 2012. Studi Kebijakan Pemerintah bandung. Bandung: Refika Aditama.

Adnan, M. F. (2021). Efektivitas Pelayanan Dokumen Kependudukan Melalui Sistem Paduko. JESS (Journal of Education on Social Science), 5(1), 65–78. https://doi.org/10.24036/jess.v5i1.300

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Basir Barthos. (2007). Manajemen Kearsipan. Jakarta : PT Bumi Aksara

Boedi Martono. (1990). Penyusutan dan Pengamanan Arsip Vital dalam Manajemen Kearsipan. Jakarta : PUSTAKA SINAR HARAPAN

Burhan, B. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dwiyanto, A. (2010). Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif, dan Kolaboratif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Febri harini, M. P. (2016). Pelayanan e KTP Dalam Rangka Tertib Administrasi Kependudukan. Jurnal Ilmiah Serat Acitya, 5(2), 17–30. https://doi.org/10.56444/sa.v5i2.470

Haris, A. A. (2016). Administrasi Kependudukan: Pengelolaan Informasi Kependudukan dan Pelayanan Kependudukan. Jakarta: Penerbit Kencana.

Koentjaraningrat. (1993). Metode-Metode Penelitian Masyarakat Edisi Ketiga. Jakarta: Gramedia.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Novrizal, R., and Jumiati, J. (2021). Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 2(4), 36–43. https://doi.org/10.24036/jmiap.v2i4.195

Rezha, F. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) Di Kota Depok). JAP: Jurnal Administrasi Publik, 1(5), 981–990.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sururama, R., and Permana, A. F. B. (2021). Pelayanan Administrasi Kartu Identitas Anak (KIA) Secara Online Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang Jawa Tengah. JMB: Jurnal Media Birokrasi, 3(2), 64–79.

Triantoro, B. W. (2018). “Citizens Charater” dan Reformasi Birokrasi. Jurnal: Kebijakan Dan Administrasi Publik, 8(2).




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkan.v3i1.10500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.