PELAYANAN BANTUAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) OLEH DINAS SOSIAL KABUPATEN ASAHAN: STUDI DI KECAMATAN SEI KEPAYANG BARAT

Zainuddin Nasution, Ummu Aisyah

Abstract


Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program bantuan tunai bersyarat serupa di Negara lain yang dikenal dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT. PKH adalah program perlindungan sosisal yang memberikan bantuan tunai kepada keluarga penerima manfaat (KPM) dan bagi anggota keluarga penerima manfaat (KPM) diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan. Program ini, dalam jangka pendek bertujuan mengurangi beban KPM dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutuskan mata rantai kemiskinan antar generasi, sehinga generasi berikutnya dapat keluar dari jurang kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Sei Kepayang Barat, Kabupaten Asahan. Peneitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan kepustakaan. Teori yang digunakan adalah teori Servqual dari Pasuraman dkk tentang kualitas pelayanan meliputi aspek reabilitas, Responsivitas, Assurance, Empathy dan Tangible. Adapun informan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang, terdiri dari 4 (empat) orang kepala desa, 1 (satu) orang pendamping PKH kecamatan, 1 (satu) orang koordinator PKH Kabupaten, 2 (dua) orang penerima bantuan PKH dan 1 (satu) orang masyarakat. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa proses pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Sei Kepayang Barat belum berjalan optimal, terlihat dari proses kegiatan pertemuan awal, sosialisasi pendamping, pencairan bantuan, dan pemutakhiran data yang masih belum merata. Kendala yang dihadapi selama pelaksana PKH di lapangan, antara lain keterlambatan informasi yang di berikan pusat kepada daerah sehingga menyulitkan pendamping untuk meneruskan informasi tersebut kepada peserta PKH, terutama dalam hal pencairan dan bantuan dan verifikasi data.


Full Text:

PDF

References


Damayanti, Aldiastri. (2016). “Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat (Studi Kasus Di Kabupaten Probolinggo).” Jurnal Ilmiah Administrasi Publik ( JIAP ) 2(3).

Djam’an Satori dan Aan Komariah. (2009) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Dwiyanto, Agus. (2018). Manajemen Pelayanan Publik: Peduli Inklusif Dan Kolaborasi. Yogyakarta: UGM PRESS.

Eddy Rahmawan, Optimalisasi Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dalam Peningkatan Pendapatan Daerah (Studi Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kecamatan Limpasu Kabupaten Hulu Sungai Tengah), Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan Lokal, Vol 1, Edisi 2.

Harahap, Sofyan Syafri. (2004). Akuntansi Aktiva Tetap, Edisi Ketiga, Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo.

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif . Jakarta: Gaung Persada

Kuncoro, Mudrajad. (2010). Ekonomi Pembangunan: Teori, Masalah, dan Kebijakan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Lesmana dan Ratnasari, Rosa. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Palayanan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Pemasaran Kompetitif. 2(2).

Lexy J. Moleong. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif

Liahati & Larasati, Dewi Citra. (2018). “Implementasi Program Keluarga Harapan ( PKH ) Dalam Upaya Penanggulangan Kemiskinan Di Kelurahan Sisir.” JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 7(2).

Muhammad Aidi Ali, Analisis Optimalisasi Pelayanan Konsumen Berdasarkan Teori Antrian Pada KaltimGPS.com di Samarinda, Jurnal Adminitrasi Ilmu Bisnis, Vol 2, no 3, 2014: 346-537.

Pasolong, H. (2010). Teori Administrasi Publik. Alfabeta, Bandung.

Prastowo Dwi. (2011). Analisis Laporan Keuangan. UPP STIM YKPN. Yogyakarta. Rohman,A Hardianto W.T (2019) Reformasi Birokrasi dan Good Governance. Malang: Intrans Publishing.

Setiawan, D., dan Setiawan, R, I. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Servis (Studi Kasus AHASS Kenari Motor). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (Penataran).

Totok Mardikanto & Poerwoko Soebianto. (2013). Pemberdayaan Masyarakat: Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

TP2NK, (2017). Panduan Umum, Program Keluarga Harapan meraih Keluarga Sejahtera,. Jakarta: Kementerian Sosial RI.




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkan.v1i1.6243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.