IMPLEMENTASI PROGRAM BRILINK GUNA PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK

Mardiansyah Mardiansyah, Bella Olyza Nasution

Abstract


Fenomena yang terjadi di Desa Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan, Dengan adanya layanan BRILink tidak menjamin bahwa masyarakat tahu dan langsung menggunakan layanan BRILink untuk melakukan transaksi perbankan. Namun, seiring berjalannya waktu masyarakat mulai menyadari akan kelebihan layanan dari layanan BRILink. Salah satunya karena jarak tempat tinggal dengan bank cukup jauh. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana implementasi program BRILink terhadap peningkatan pelayanan masyarakat dan Faktor-faktor pendukung dan penghambat pelayanan BRILink. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana 1). Layanan BRILink Di Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan 2). Bagaimana Penerapan BRILink di Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Layanan BRILink di Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan yaitu layanan yang jenis transaksinya berupa transfer, pembelian token listrik, pembayaran tagihan, dan pembayaran uang sekolah atau kuliah. Belum berjalan secara optimal dikarenakan tidak adanya Fitur EDC dari Bank BRI 2.Menurut masyarakat BRILink dapat memudahkan dan mempercepat ketika masyarakat ingin melakukan transaksi perbankan. Masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh ke bank dengan menghabiskan biaya dan waktu untuk melakukan transaksi. 3. Dengan adanya BRILink Agen mendapatkan keuntungan dari nasabah yang bertransaksi. Kesimpulan dari penelitian ini  Layanan BRILink di Desa Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan yaitu layanan Mini yang jenis transaksinya berupa transfer Layanannya sesuai dengan syarat untuk menjadi Agen BRILink. Masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh ke bank dengan menghabiskan biaya dan waktu untuk melakukan transaksi. Penerapan Program BRILink sangat diterima masyarakat yaitu masyarakat tidak perlu lagi bertransaksi di Bank BRI maupun di Bank lain dan prosesnya juga cepat, dan mudah. Beroperasi setiap hari dan di hari libur.


Full Text:

PDF

References


Baswori Suwardi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Indah

Husaini Usman & Purnomo Setiada, Akbar. (2008). Metodelogi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Hanif Nurcholis. (2005). Teori dan Praktek Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Jakarta: Grasindo.

J.S Badudu, Sutan Mohammad Zain. (2015). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Mardalis. (2004). Metode Penelitian; Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta; Bumi Aksara.

Budi Winarno. (2015). Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Media Pressindo

H. B Sutopo. (2014). Pengantar Metodelogi Penelitian Kualitatif. Surakarta; UNS Press

Purwanto dan Sulistyastuti. (2014). Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan. Jakarta: Bumi Aksara

Rika Febrianti, Faktor Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Menggunakan Layanan Produk BRILink di Kecamatan Towati Kabupaten Lawu Timur (Skripsi Sarjana: Jurusan Program Studi Manajemen, Makassar, 2019)

Ratminto dan Atik Sepi Winarsih. (2010). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sadu Wasistiono. (2013). Kapitas Selekta Manajemen Pemerintahan Daerah. Bandung: CV. Fokusmedia

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 19/POJK.03/2014

Tentang Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif, Bab I (Diakses 01 juni 2022)

Tentang BRILink (Diakses 09 Januari 2022)

Bank BRI, “Website Info Bank Mengenai BRILink,”Situs Resmi Bank BRI (Diakses 20 Mei 2022)Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 19/POJK/03/2014 tentang Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkan.v1i1.6244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.