EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DI PUSKESMAS KECAMATAN GUNUNG SITEMBER KABUPATEN DAIRI

Anuar Sadat, Sautta Boangmanalu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelayanan publik pada Puskesmas Kecamatan Gunung Sitember Kabupaten Dairi. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan tipe deskriptif dan mengunakan sumber data primer dan sekunder dengan penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 5 (lima) orang kemudian data dikumpulkan mengunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi setelah itu dianalisis dengan teknik redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta keabsahan data mengunkan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara kualitas pelayanan dapat dikatakan masih kurang baik, Hal ini menunjukkan bahwa fasilitas yang ada masih sangat dibutuhkan, guna untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat. Proktivitas baik dari peralatan medis yang cukup memadai dan para petugas kesehatan memiliki keterampilan bagus yang dapat dilihat dari segi kedisiplinan petugas, kejelasan petugas yang bertanggung jawab, Ketepatan waktu dan bertindak cepat. Semangat kerja bermakna antara pemberian insentif dengan semangat kerja, apabila pemberian insentif terpenuhi maka akan mampu mendorong semangat kerja dari tenaga kesehatan dalam melaksanakan tugas karena tingkat semangat kerja yang dimiliki oleh seseorang dapat dinilai dari yang dicapai dan yang diinginkan. Keluwesan adaptasi yang terjalin antara petugas dengan pasien dianggap sudah memenuhi apa yang menjadi kebutuhan saat itu yaitu agar diperhatikan oleh para petugas baik selama penanganan diruangan maupun saat mereka sedang menunggu. Adapun faktor pendukung yaitu adanya kesanggupan dalam melakukan peekerjaan dengan motif mulia, adanya keterampilan khusus untuk untuk menagani pekerjaan tersebut, disiplin dalam waktu, prosedur dan metode yang telah di tentukan dan faktor penghambat dalam memberikan pelayanan kesehatan ialah, banyaknya anggota keluarga yang turut hadir untuk mendampingi pasien dalam keadaan darurat, sehingga menyulitkan petugas pelayanan kesehatan untuk menangani pasien.


Full Text:

PDF

References


Azwar, A. (2001). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Anggara, Sahaya. (2014). Kebijakan publik. Bandung: Pustaka Setia

Cutlip, S. M. (2009). Effective Public Relations. Person Education Inc. Danim, S. Cipta.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2004). Kebijakan Dasar Pusat Kesehatan Masyarakat Tahun 2004. Jakarta: Penerbit Depkes RI.

Fitri Muhammad Rahmadana, Tentrem Arin Mawati, Siagian Nurhayati. (2020). Pelayanan Publik. Jakarta: Yayasan Kita Menulis

F., Muchsin, S., & Sunariyanto, S. (2019). Efektivitas Pelayanan Kesehatan Pasien Bpjs (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Di Puskesmas (Studi Kasus Di Puskesmas Dinoyo Kota Malang). Respon Publik, 13(3), 113–121.

Juharni. (2015). Pengantar Ilmu Administrasi Negara. Makassar: Cv Sah Media.

Konli, S. (2014). Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Desa Gunawan Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung. Jurnal Ilmu Pemerintahan,

Mahsyar, A. (2015). Konstruksi Model Perilaku Pelayanan Street-Level Birokrasi Pada Puskesmas Di Kota Makassar.

Nasution, I. (2016). Kinerja Pegawai Dalam Memberikan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Medan Denai Kota Medan. Jurnal Ilmu Administrasi Publik Universitas Medan Area,

Milles, Matthew B., Huberman, A. Michael, Saldana, Jhony. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Third Edition.

Refika Aditama. Marlindawaty, M. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Publik Di Rumah Sakit Khusus Bersalin (Rskb) Sayang Ibu Balikpapan.

Ridwan & Sudrajat, A. S. (2009). Hukum Administrasi Negara Dan Kebijakan Pelayanan Publik. Bandung: Nuansa.

Rokhman. Didik Fatkhur. (2012). Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Kependudukan Terpadu Jurnal administrasi publik (JAP). Vol 1 No 5 Hal 962.

Saleh Akh Muhafik.(2010). Public Service Communication. Malang: UMM Press

Sawir Muhammad. (2020). Birokrasi Pelayanan Publik, Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkan.v1i1.6245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.