IMPLEMENTASI PROGRAM PENGAWASAN INSPEKTORAT (Studi Deskriptif Kualitatif Terhadap Pengelolaan Aset Daerah Terminal Angkutan Umum di Kabupaten Gayo Lues)

Mardiansyah Mardiansyah, Syuardi Syuardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab dan solusi yang dilakukan Inspektorat dalam pengawasan Inspektorat Daerah Terhadap Aset Daerah Terminal Angkutan Umum di Kabupaten Gayo Lues yang tidak difungsikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu penelitian yang lebih menitikberatkan pada observasi untuk memahani fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data diantaranya reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini Menunjukkan bahwa  penyebab tidak berfungsinya Terminal Angkutan Umum  di Kabupaten Gayo Lues adalah Terminal tersebut terlalu jauh dari pusat kota sehingga menyebabkan masyarakat   maupun pemilik travel tidak mau untuk pindah ke Terminal Angkutan Umum yang baru dikarenakan terlalu jauh dari pusat kota , melihat  terbengkalainya Terminal Angkutan Unum tersesebut Pemda setempat  berencana akan mengalihfungsikan terminal tersebut menjadi Kantor Dinas Perhubungan dikarenakan mendukung dati segi luas lahan maupun bangunan, dikarenakann Kantor Dishub yang lama terlalu sempit,  banyak kendala didala m melakukan pengawasan  yaitu minimnya Dana,Auditor, dan SDM.


Full Text:

PDF

References


Djam’an Satori dan Aan Komariah. (2009) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Dwiyanto, Agus. (2018). Manajemen Pelayanan Publik: Peduli Inklusif Dan Kolaborasi. Yogyakarta: UGM PRESS.

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif . Jakarta: Gaung Persada

Lexy J. Moleong. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif

Pasolong, H. (2010). Teori Administrasi Publik. Alfabeta, Bandung.

Prastowo Dwi. (2011). Analisis Laporan Keuangan. UPP STIM YKPN. Yogyakarta. Rohman,A Hardianto W.T (2019) Reformasi Birokrasi dan Good Governance. Malang: Intrans Publishing.

Makmur (2011) Efektivitas Kebijakan Pengawasan. Bandung PT. Refika Aditama. Hlm.176

Situmorang dan Jusuf Juhir Aspek hukum pengawasan Hlm 57

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung :

ALFABETA. Hal 16

UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah

PP No 60 Tahun 2008 Tentang sistem pengendalian pemerintah




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkan.v2i1.7816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.