Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mandailing Natal

Dina Mardiana

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Mandailing Natal. Sedangkan Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui/memahami Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Mandailing Natal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dimana peneliti sebagai intrumen kunci, dengan teknik pengumpulan data dilakukan secara penggabungan dan analisis data bersifat induktif. Penelitian kualitatif menghasilkan dan mengolah data yang bersifat deskriptif, seperti transkipsi wawancara dan observasi. Metode deskriptif kualitatif yang bertujuan menjelaskan fenomena atau keadaan secara sosial yang ada secara sistematis, faktual, dan cermat. Hasil Pembahasan dan Penelitian yang sudah dilakukan, Maka hasil yang didapat bahwa Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Mandailing Natal. Berdasarkan Pembahasan diawal dapat diambil kesimpulan bahwa, Impelemtasi Sistem Informasi Manajemen Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Mandailing Natal telah terlaksana dengan cukup baik dan memberi manfaat bagi pelayanan masyarakat umum. Sumber daya manusia yang mengelolah data kependudukan dan menghasilkan produk SIAK dan didukung oleh saran yang cukup memadai, sudah berjalan cukup efektif. Pelayanan Sistem Informasi Aplikasi Kependudukan pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Mandailing Natal memberi pelayanan kepada masyarakat berupa pembuatan kartu keluarga, surat keterangan kelahiran, surat keterangan kematian, surat keterangan pindah, dan surat keterangan pindah dating. Pelayanan kepada masyarakat tersebut dapat dikatakan cukup baik melalui penggunaan Sistm Informasi Aplikasi Kependudukan berbasis Sistem Informasi Manajemen sudah terlaksana dengan baik. Pada perencanaan program penataan Admistrasi Kependudukan dilakukan dengan baik sesuai dengan tujuan dari program. Begitu juga dengan sumber-sumber yang diperlakukan sudah terlihat jelas bahwa SDM yang terstruktur dan yang melaksanakan program penataan Administrasi Kependudukan sangat professional dan handal dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat.


References


Abdillah, W & Jogiyanto, H, M (2016), Konsep dn Aplikasi PLS (Partial LeastSquare) Untuk Penelitian Empiris. Yogyakarta Badan Penerbit FakultasEkonomi Dan Bisnis UGM.

Agusta dan Sutanto. 2015. Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV Haragon Surabaya. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol1 (3), p. 1- 9.

Agus Purwanto, Erwan dan Dyah Ratih Sulistyastuti. 2018. Metode PenelitianKuantitatif untuk Administrasi Publik dan Masalah-Masalah Sosial.Yogyakarta: Gava Media.

Badan Pusat Statistik. Kecamatan Natal Dalam Angka Tahun 2002. BPSKecamatan Natal. Kab. Mandailing Natal.

Hutahaean, J. 2017. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Kumorotomo, Wahyu. 2018. Sistem Informasi Manajemen dalam Organisasi- Organisasi

Publik, Gadjah Mada University Press: Yogyakarta

Kumorotomo.W dan Margono S.A (2015) Sistem Informasi Manajemen dalamorganisasi-organisasi Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mukhtar. 2017. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP PressGroup.

Mukhtar. 2017. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP PressGroup.

Moleong, Lexy J. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkan.v2i1.7818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.