EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI ONLINE DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Ayu Lestari Lase, Samsul Bahri Pane

Abstract


Pelayanan Administrasi Kependudukan secara Online merupakan salah satu bagian dari sistem pengelolaan administrasi kependudukan yang digunakan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Serdang bedagai sebagaimana yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan. Langkah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Serdang bedagai dalam membuat adminstrasi kependudukan online sebagai usaha untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Agar penelitian ini lebih fokus, peneliti membatasi objek penelitian hanya pada efektivitas pelayanan sistem administrasi online di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Serdang Bedagai. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti berdasarkan penelitian adalah menunjukkan deskriptif. Untuk mendapatkan data peneliti melakukan pendekatan kualitatif, sementara teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu data primer yang diperoleh melalului wawancara dan observasi dan data sekunder berupa dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Serdang Berdagai sudah berjalan efektif hal ini dibuktikan dengan pegawai memberikan kemudahan serta memfasilitasi pengguna layananan dalam menyelesaikan kebutuhan masyarakat. Dengan proses pelayanan yang telah sesuai Standar Operasional Prosedur


Full Text:

PDF

References


Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik : Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta : Gava Media

Hardiansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Jamil Bazarah, Ahmad Jubaidi, dan Futum Hubaib . 2021. Konsep Pelayanan Publik Di Indonesia (Analisis Literasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Indonesia). Dedikasi Volume 22 N0 2 2 Desember 2021

Lukman, Sampara. 2000. Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA LAN Press.

Luh Ratna Sari dan I Nyoman Mangku Suryana. 2019. Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jembrana. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Volume 10, Nomor 2, Desember 2019

Mahmudi. 2012. Manajemen Kinerja sektor publik. yogyakarta: UPP AMP YKPN. Moenir. A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta : PT.Bumi Aksara. Hlm 88

Mulyana, D. 2016. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Alfa Beta Bandung

Nasution, M.N.2014. Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Graha ilmu.

Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2005.Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sinambela, Lijan Poltak, 2010, Reformasi pelayanan publik:Teori, Kebijakan, dana Implementasi. Jakarta: PT. BumiAksara.

Steers, Richard M, Terj: Magdalena Jamin, 2011. Efektivitas Organisasi, Jakarta: Erlangga

Sugiyono, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Wadjdi, Farid. 2021. Efektivitas Pelayanan Publik. Jawa Tengah: Eureka Media




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkan.v2i1.8770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.