MENGINTEGRASIKAN SEJARAH MATEMATIKA DAN PENDEKATAN GEOMETRIS DALAM PEMAHAMAN PERSAMAAN KUADRAT
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arcavi, A. (2003). The Role of Visual Representations in the Learning of Mathematics. Educational Studies in Mathematics, 52 (3), 215-241.
Chorlay, R., Clark, K. M., & Tzanakis, C. (2022). History of mathematics in mathematics education: Recent developments in the field. Mathematics Education, 1407–1420.
Jankvist, U. T. (2009). A categorization of the “whys” and “hows” of using history in mathematics education. Educational Studies in Mathematics, 71 (3), 235–261.
John Fauvel, J. v. (2000). History in Mathematics Education: An ICMI Study. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.
Jupri, A., & Drijvers, P. (2016). Student difficulties in solving equations: A combined quantitative and qualitative analysis. Mathematics Education Research Journal, 28 (3), 405-427.
Katz, V. J. (2007). Stages in the History of Algebra with Implications for Teaching. Educational Studies in Mathematics, 66 (2), 185-201.
Mulaihah, U. (2015, November 11). Perbandingan Hasil Belajar antara Pembelajaran yang Menggunakan Metode Penemuan dengan Pembelajaran Konvensional pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X MAN 1 Barabai 2011/2012. Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Indonesia. Retrieved September 11, 2024
Nawallia, A., & Mishriya, N. (2024). Kontribusi Ilmuwan Muslim dalam Pembentukan Matematika dan Perkembangan Matematika dalam Sejarah Peradaban Islam. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 3(2), 202-212.
Putri, N. S., Hartoyo, A., & Jamiah, Y. (2018). Desain didaktis melalui Naïve Geometri untuk mengatasi hambatan epistemologis dalam persamaan kuadrat di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(9).
Renaldi, D. (2021). Pendekatan Geometri Dalam Konsep Penyelesaian Persamaan Kuadrat Dengan Melibatkan Sejarah Matematika. Jurnal Dunia Ilmu, 1(2).
Saraswati, R. R., Nurizzah, N., Pitnawati, P., & Habibah, U. (2020). Integrasi sejarah matematika dalam pembelajaran matematika pada materi Phytagoras. Risenologi, 5(1), 9-13.
Suwito, A. (2018). Analisis berpikir secara geometri dalam menyelesaikan masalah aljabar pada kelas viii.
Tall, D. (1991). Advanced mathematical thinking. Dordrecht: Springer Science+Business Media.
Wahyu, K., & Mahfudy, S. (2016). Sejarah matematika: Alternatif strategi pembelajaran matematika. Beta: Jurnal tadris matematika, 9(1), 89-110.
DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v10i1.10203
Refbacks
- There are currently no refbacks.