EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK DI DESA FEMNASI

Flaviana M.V Taus, Selestina Nahak, Yohanis Ndapa Deda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep matematika pada permainan tradisional congklak di Desa Femnasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang yaitu 1 orang narasumber dan 2 orang anak yang bermain congklak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti, pedoman observasi, pedoman wawancara dan handphone. Berdasarkan penelitian analisis dan pembahasan dari permainan tradisional congklak, terdapat konsep-konsep matematika yaitu bangun datar yaitu persegi panjang  yang terdapat pada permukaan papan congklak dan persegi yang terdapat pada lubang-lubang congklak yang dibagi menjadi tiga bagian, bangun ruang yaitu setengah bola yang terdapat pada lubang-lubang papan congklak; transformasi  dalam hal ini refleksi/pencerminan yang terdapat pada lubang-lubang congklak yang saling berhadapan; konsep operasi hitung bilangan yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian yang terdapat pada cara bermain congklak;  serta pola bilangan  yang terdapat pada cara bermain congklak.


Full Text:

PDF

References


Atmidasari S, 2017. Kajian etnomatematika Pembagian Harta Waris Pada Masyarakat Lampung Ditinjau Dari perspektif Adat. [Skripsi]. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan, Pendidikan Matematika.

Adelia H, Karunia YA, Mariyani E, Prasetyo DAB, 2020. Eksplorasi Etnomatematika Pada Bangunan Makam Ki Agung Giring III Serta Kebudayaan Apem Cotong di Desa Sodo Kecamatan Paliyan. Prosiding Sendika, 6/2.

Deda, Y. N. & Amsikan, S. (2019). Geometry Concept on the Motifs of Woven Fabric Kefamenanu Community. Jramathedu 4 (1), (pp.23-30).

Deda Y. N. & Disnawati, H. (2019). Buku Ajar Etnomatematika Kawasan Perbatasan NKRI-Timor Leste. Deepublish: Yogyakarta.

Handayani T, 2020. Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Congklak Dan Implikasinya Terhadap Pemahaman Siswa Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar .Doctoral dissertation. STKIP PGRI PACITAN.

Heryanto AA, Jaeng M, Bennu S, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar di Kelas VII A SMP Labschool Untad Palu. Jurnal Elektronik Pendidkan Matematika Tadulako, 6/1: 1-14.

Kapitan HG, Suddin S, Keterkaitan Teori-Teori Belajar Dalam Mengeksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Masyarakat. Lomba Karya Tulis Ilmiah (Lkti) Mahasiswa Tingkat Nasional.

Kou D, Deda YN, 2020. Eksplorasi Etnomatematika Acara Adat Thelas Keta Pada Masyarakat Noemuti. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 2/1.

Kofi MD, Nahak S, 2020. Mengoptimalkan Skemata Siswa Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika Anyaman Dan Tenunan Masyarakat TTU. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 2/1: 8-17.

Mar A, Mamoh O, Amsikan S, 2021. Ekplorasi Etnomatematika Pada Rumah Adat Manunis Ka’umnais Suku Uim Bibuka Kecamatan Botin Leobele Kabupaten Malaka. Jurnal MathEdu (Mathematic aaaeducation Journal), 4/2: 155-162.

Nataliya P, 2016. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampua Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3/2: 343-358.

Putri R, 2020. Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Congklak Dan Kaitannya Dengan Pembelajaran Matematika. Doctoral dissertation.

Ramadhina AL, Septiana C, Pembrianti M, Wahidin W, 2021. Eksplorasi Etnomatematika Konsep Pola Bilangan Dalam Permainan tradisional. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3/2: 65-69.

Setiyowati R, 2017. Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Menggunakan Media Permainan Congklak Pada Siswa Kelas II SD Negeri 182/I Hutan Lindung.

Sireger AS, Nasution SD, 2017. Penerapan Algoritma A* Untuk Pencarian Solusi Terbaik Pada Game Congklak Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), 4/4.

Tlonaen, M. A., & Deda, Y. N. (2021, February). Exploration Ethnomathematics on Traditional House Ume Kbubu in North Central Timor Districts. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1776, No. 1). IOP Publishing.

Utama B, 2022. Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Aspek Sosial Pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional. Yogyakarta.

Viani RS, 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Persegi Panjang dan Persegi Siswa Kelas VII Mtsn Tulungagung.




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v7i2.4979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.