PENGARUH GAYA MENGAJAR PERSONALISASI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 065011 MEDAN SELAYANG

Yuli Dina Sary Purba, Ribka Kariani Br. Sembiring, Bogor Lumbanraja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Gaya Mengajar Personalisasi Guru berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 065011 Medan Selayang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V C SD Negeri 065011 Medan selayang. Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah populasi dijadikan unit sampel yaitu 30 orang. Pada penelitian ini peneliti ini menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan Gaya Mengajar Personalisasi Guru termasuk kategori baik sekali dengan rata-rata  81,86.  Berdasarkan hasil uji normalitas diketahui bahwa nilai signifikansi Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,200 lebih besar dari 0,05. Maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji normalitas Kolmogorov-smirov di atas jika > 0,05 maka Ha diterima (berdistribusi normal) dan jika taraf signifikan yang diperoleh < 0,05 maka Ha tidak diterima (tidak berdistribusi normal). Pada pengujian kolerasi, nilai koefisien sebesar 0,665 artinya rhitung ≥ rtabel 0,361. Maka terdapat hubungan yang kuat antara Gaya Mengajar Personalisasi Guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 065011 Medan Selayang. Hasil pengujian uji-t dimana   ≥  yaitu 4,708 > 1,697 sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari Pengaruh Gaya Mengajar Personalisasi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada mata pelajaran matematika Kelas V SD Negeri 065011Medan Selayang Tahun Pembelajaran 2021/2022.


Keywords


Gaya Mengajar; Personalisasi; Hasil Belajar.

References


Afandi, Muhamad. 2013. Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. UNISSULA Press.

Amri. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. jakarta: PT Prestasi Puatakarya.

Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. jakarta: Pt Rineka Cipta.

Bruno, Latour. 2019. “Gaya Mengajar.” Journal of Chemical Information and Modeling 53 (9): 1689–99.

Cahyo. 2020. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. jogjakarta: DIVA Press.

Ekonomi, Fakultas, Universitas Negeri Surabaya, Kampus Ketintang Surabaya, and Jl Ketintang Surabaya. 2003. “Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X SMA Negeri 18 Surabaya Cintya Septiana Andri Astutie,” no. 20: 1–15.

Gea, Yupita Herni Yanti, and Rina Ari Rohmah. 2021. “Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Ips Di Kelas Viii Smp Muhammadiyah Rambah.” Bakoba: Journal of Social Science Education 1 (1): 34–43. https://doi.org/10.30606/bjpi.v01i01.xxx.

Hamalik. 2019. Kurikulum Dan Pembelajaran. jakarta: PT Bumi Aksara.

Hayati, Sri. 2017. “Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning.” Magelang: Graha Cendekia, 120.

Jihad dan Haris. 2018. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Khariani. 2017. Psikologi Belajar. yogyakarta.

Lahir, dan Zuldafrial. 2014. Profesi Kependidikan Guru. yogyakarta: Media Perkasa.

Majid. 2013. “Abdul Majid, Strategi Pembelajaran, Remaja Podaskarya, Bandung, 2013, Hlm. 273-274 8,” 8–34.

Mangkunegara. 2017. “Landasan Teori.” Landasanteori.Com, no. 2012: 72. http://www.landasanteori.com/2015/09/pengertian-kreativitas-definisi-aspek.html.

Purwanto. 2017. Psikologi Pendidikan. bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Purwanto. 2019. Evaluasi Hasil Belajar. yogyakarta: pustaka pelajar.

Rahmat, Hery. 2018. “Hubungan Gaya Mengajar Guru Dengan Motivasi” 10 (2): 98–111.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. jakarta: PT RajaGrafinda Persada.

Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran Beriorientasi Standar Proses Pendidikan. jakarta: Pt Kharisma Putra Utama.

Sanjaya. 2017. Strategi Pembelajaran Beriorientasi Standar Proses Pendidikan. jakarta: Kencana Penadamedia Group.

Sari, D P, H Hurmaini, and B Wendra. 2020. “Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Atau Sederajat Se-Kecamatan Geragai.” http://repository.uinjambi.ac.id/4170/.

Slameto. 2019. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. jakarta: Pt Rineka Cipta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. bandung: ALFABETA,cv.

Sumiati. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Sunandar, Agus. 2017. “Landasan Teori.” Landasanteori.Com, no. 2012: 72. http://www.landasanteori.com/2015/09/pengertian-kreativitas-definisi-aspek.html.

Susanto. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Tanjung, Darinda Sofia. 2016. “Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Dengan Menerapakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Di Kelas V SDN 200111 Padangsidimpian.” Jurna Juril AMIK MBP 4 (1): 68–79.




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v8i1.5429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.