ANALISIS HASIL BELAJAR MAHASISWAUNIVERSITAS POTENSI UTAMA MENGGUNAKAN TWO WAY ANOVA

Siti Fatimah Sihotang

Abstract


Mata kuliah Matematika merupakan salah satu mata kuliah pilihan yang wajib diambil oleh mahasiswa yang baru masuk pada awal semester. Hal tersebut dikarenakan ilmu matematika memiliki peranan penting untuk dipahami. Namun pada kenyataannya masih banyak mahasiswa yang belum memahami mata kuliah ini. Banyak mahasiswa yang mengeluh dan sulit memahami topik yang sedang dipelajari. Tentu hal ini menjadi masalah serius jika tidak segera diatasi. Dilihat dari permasalahan tersebut, peneliti selaku dosen perlu melakukan perbaikan dalam hal metode pembelajaran untuk semua kelas yang diampu. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada interaksi yang signifikan antara perbaikan metode pembelajaran yang dilakukan di kelas dalam pengaruhnya terhadap hasil tes berupa peningkatan skor statistik dan probabilitas mahasiswa di kelas. Metode penelitian menggunakan prinsip analisis Two Way Anova. Berdasarkan hasil penelitian terhadap tiga puluh sampel mahasiswa yang diambil dari berbagai kelas, diketahui bahwa terdapat interaksi yang signifikan antara peningkatan metode pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas dengan nilai signifikansi sebesar 0,002. Dengan kata lain, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam proses pembelajaran, diperlukan suatu model yang dapat memudahkan mahasiswa untuk berinisiatif belajar untuk menciptakan kemauan bersama selama proses pembelajaran. Akibatnya, setiap model pembelajaran membutuhkan sistem manajemen dan lingkungan belajar yang berbeda yang berlaku untuk berbagai jadwal kelas.


Keywords


Hasil Belajar Mahasiswa, Two Way Anova, Metode Pembelajaran, Matematika

References


Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Universitas. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Bertinetto, C., Engel, J., Jansen, J. (2020). ANOVA Simultaneous Component Analysis : A Tutorial Review. Analytica Chimica Acta : X, 6(100061), 1-15.

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Emrisena, A., Abdurrahman., E, Suyanto. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa. JPF : Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 196-208.

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617-1620.

Fox ,J dan Weisberg, S (2013). An R Companion to Applied Regression. 2nd edition. Sage : Thousand Oaks.

Fraenkel, R. J., Wallen, E. N., Hyun, H. H. (2011). How to Design and Evaluate Research in Education : Eight Edition. USA : McGraw-Hill Companies,Inc.

Indrawati, F., Hartati, L. (2017). Peran Penguasaan Dasar Matematika dan Persepsi Mahasiswa terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mata Kuliah Kalkulus I. Jurnal Formatif, 7(2), 107-114.

Laili, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Mahasiswa dalam Menerapkan Model – Model Pembelajaran Pada Perkuliahan Strategi Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar : Fondatia, 1(2), 131-149.

Mahmudah, U. (2020). Model Statistika: Step by Step. Penerbit NEM.

Murizal, A. 2012. Pemahaman konsep matematis dan model pembelajaran quantum teaching. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 10-23.

Nielsen, F., Srinivasa, A., Rao, C. R. (2022). Handbook of statistics 46 : Geometry and Statistics. 1st Edition. USA : Academic Press.

Rahmi., Mardiyah, A., Juwita, R. (2017). Analisa Kebutuhan Mahasiswa Dalam Mengikuti Perkuliahan Aljabar Linear Elementer. Jurnal LEMMA (Letters of Mathematics Education), III(2), 1-7.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v8i1.6115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.