ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SPLDV BERDASARKAN GAYA BELAJAR

Nur Indah Safitri, Rusi Ulfa Hasanah

Abstract


Pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan pendidikan matematika. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif, dan jumlah sampelnya adalah 28 siswa, 6 orang diantaranya dari Kelas VIIIB dan 2 siswa dari masing-masing kategori pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa kelas VIIIB MTs Swasta Nur Ibrahimy dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLDV berdasarkan gaya belajar yaitu visual, auditorial dan kinestik. Alat pengambilan data menggunakan angket gaya belajar dan tes pemecahan masalah bentuk soal cerita materi SPLDV. Studi ini menemukan 9 siswa visual, 10 siswa auditorial dan 7 siswa kinestik di antara 28 siswa. Pemecahan masalah untuk pembelajar visual terdeteksi siswa mampu menyelesaikan semua soal. Siswa gaya belajar auditorial terdeteksi kesalahan yang dilakukan adalah mencoba dan evaluasi. Siswa gaya kinestik terdeteksi kesalahan yang dilakukan adalah mengenali masalah, mendefenisikan masalah, mencoba dan evaluasi.

 

 

References


Anggraini, R. R. D., Hendroanto, A., & Hendroanto, A. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII ditinjau dari gaya belajar. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1). https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.7047

Debi, S., Kadir, K., Masi, L., & Salim, S. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Amal Pendidikan, 2(2), 130. https://doi.org/10.36709/japend.v2i2.19563

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110

Elytasari, M., Hidayat, I., & Ibrahim, A. (2015). Gaya Belajar Dan Prestasi Belajar Kimia Siswa Sma. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 2(1), 44–50. http://bitly.ws/zUzc

Hernacki, M., Deporter, B., Abdurrahman, A., Meutia, S., Meutia, S., translator Alwiyah Abdurrahman, Abdurrahman, A., Abdurrahman, A., & translator Sari Mutiah. (2008). Quantum learning : membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. In Kaifa.

Kristianingsih, R. (2019). Kemampuan pemecahan masalah siswa menyelesaikan soal materi garis singgung lingkaran. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2). https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4643

Ningrum, R. O. D., & Minarti, E. D. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan linier dua variabel di smp Al-Mahmud plus-Cililin. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(1), 33–42. http://bitly.ws/zUzV

Nurajizah, S., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Matematika Kelas VII. In Maju (Vol. 7, Issue 1). http://bitly.ws/zUCG

Pulungan, S. F., & Reflina, R. (2022). Analisis kesalahan pemecahan soal cerita siswa smp negeri kota Padangsidimpuan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3). https://doi.org//10.24127/ajpm.v11i3.5794

Punaji, S. (2010). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan, cetakan ke-1. In Prenada Media Grup: Jakarta. http://bitly.ws/zUAG

Putri, D. F. P., & Masriyah, M. (2022). Profil penalaran analogi siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. MATHEdunesa, 11(1). https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p134-144

Putu Parastuti Lestari, N., Made Ardana, I., & Putu Pasek Suryawan, I. (2022). Analisis motivasi belajar matematika beserta alternatif solusinya pada siswa kelas x sma negeri 5 Denpasar di masa pandemi. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 16(1), 1858–0629. http://bitly.ws/zUzI

Rahmawati, D., & Laelatul Dhina Permata. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear dengan prosedur newman. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 2(2), 31–38. https://doi.org/10.53682/marisekola.v2i2.1102

Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan langkah penyelesaian polya. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MaMagfirah, M., Maidiyah, E., & Suryawati, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Mat, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707

Sarwoedi, S., Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 171–176. http://bitly.ws/zUBq

Setyo, A. A., & Ba’diah, A. S. (2021). Transformasi geometri: teori, aplikasi & pemanfaatan teknologi (Vol. 1). Yudha English Gallery. http://bitly.ws/zUBD

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1). http://bitly.ws/zUBJ

Siregar, T. J. (2021). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan sosial siswa SMP melalui pembelajaran kooperatif tipe stad. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(1), 97. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i1.9265

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta. http://bitly.ws/zUBZ

Sundayana, H. R. (2015). Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika, untuk guru, calon guru, orang tua dan para pecinta matematika. http://bitly.ws/zUC5

Supraptinah, U. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan model problem based learning. Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian Dan Pengembangan, 2(2). https://doi.org/10.32630/sukowati.v2i2.37

Utami, M. W., Setiawan, T. B., & Oktavianingtyas, E. (2016). Tingkat Berpikir Geometri Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Jember Materi Segiempat Berdasarkan Teori van Hiele ditinjau dari Hasil Belajar Matematika. Jurnal Edukasi, 3(2), 43–47.

Wati, C., & Muzakkir, M. (2020). Meningkatkan kemampuan belajar melalui gaya belajar siswa pada pembelajaran matematika. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.36706/jls.v2i2.12716

Willia, A., Annurwanda, P., & Friantini, R. N. (2020). Proses Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 6(2). https://doi.org/10.30595/alphamath.v6i2.8165

Winata, R., & Friantini, R. N. (2018). Proses pemecahan masalah mahasiswa pendidikan matematika stkip pamane talino. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 87. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.87-96

Yuliana, C., Sanusi, & Maharani, S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan kemampuan siswa. Educatif: Journal of Education Research, 1(1), 17–26. https://doi.org/10.36653/educatif.v1i1.3




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v8i2.6959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.