PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH DI KABUPATEN KUDUS

Wahyul Huda

Abstract


Guru memegang peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran yang dan merupakan faktor kunci untuk mencapai tujuan pendidikan. Namun berdasarkan raport mutu pendidikan Kabupaten Kudus pada tahun 2018 dan beberapa studi menunjukkan kinerja guru masih rendah oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru sekolah dasar melalui pelaksanaan supervisi oleh pengawas sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah dengan menerapkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi.Penelitian ini dilaksanakan pada sekolah binaan di Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus pada tahun 2022. Subjek penelitian ini adalah guru SD yang berada di kecamatan Mejobo berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dengan mengamati indikator-indikator kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru sekolah dasar menunjukan peningkatan dari siklus 1 hingga siklus 2. Kesimpulan penelitian ini adalah pelaksanaan supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus.

Keywords


supervisi akademik; pengawas sekolah; kinerja guru

References


Abdullah, Y. (2020). Implementasi Penilaian Kinerja Guru Dalam Kegiatan Supervisi Pembelajaran di SDN 04 Duhiadaa. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 88-105.

Arizal, D., Cholis, M. N., & Nusantara, L. S. (2016). Perancangan Aplikasi Penilaian Kinerja Guru Di UPT SDN Kebonagung. JIMP (Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan), 1(2).

Data UKG. Diakses pada 2 September 2022 dari, https://npd.kemdikbud.go.id/?appid=ukg

Fulwati, E. (2022). Guru Hebat; Pendidik yang Kehadirannya Dirindukan Siswa. Warta Pendidikan| e-Journal, 6(5), 40-42.

Mujahidin, M. (2017). Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Terhadap Kinerja Guru Mata Pelajaran IPA di SMPN Tungkal Jaya. Biota: Biologi dan Pendidikan Biologi, 10(1), 35-54.

Nata, N., & Kaleka, M. B. (2020). Meningkatkan kinerja guru melalui supervisi akademik kepala sekolah dengan pendekatan individual di SMPN 7 Nangapanda. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 1- 8.

Nurdianti, R. R. S. (2017). Pengaruh kompetensi profesional Dan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru ekonomi SMA Negeri di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(2), 177-188.

Ramadhan, A. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Majene. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 136-144.

Sumarni, S., & Tamsah, H. (2017). Pengaruh supervisi akademik pengawas sekolah, kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru smk negeri se-kecamatan tamalate kota makassar. Jurnal Mirai Management, 2(1), 149-163.

Tengko, F., Limbong, M., & Kailola, L. G. (2021). Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP di Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara. Attractive: Innovative Education Journal, 3(1), 13-23.

Yulianti, Y., & Harmonika, S. (2021). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Mi Nw 02 Kembang Kerang Kecamatan Aikmel Lombok Timur. Jurnal Manajemen dan Budaya, 1(1), 43-54.

Zebua, A. M., & Primanda, O. (2020). Perbedaan Kinerja Mengajar Guru Ditinjau dari Peringkat Akreditasi Lembaga (Studi Komparatif di MAN 1 dan MAN 2 Sungai Penuh. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(2), 204-215.




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v8i2.6997

Refbacks