Gerakan Reformasi 1998 di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember (Pengrusakan Toko Milik Etnis Cina)

Noviyanti Noviyanti, Rully Putri Nirmala Puji, Wiwin Hartanto

Abstract


Kerusuhan Mei 1998 merupakan salah satu peristiwa bersejarah dalam perjalanan bangsa, peristiwa ini memberikan dampak yang kompleks terhadap semua lapisan masyarakat yang mengalaminya di berbagai daerah salah satunya adalah etnis Cina. Etnis Cina kerap menjadi sasaran dalam kerusuhan tersebut seperti di daerah Situbondo terjadi kerusuhan anti Cina pada tahun 1967 yang disebabkan oleh kesenjangan politik dan ekonomi serta di beberapa daerah lain. Berdasarkan data dan fakta empiris tersebut penulis tertarik untuk menelusuri apakah di Kecamatan Kaliwates Kabupaten juga terjadi perusakan terhadap toko-toko milik etnis Cina sebagai rangkaian dari gerakan reformasi atau tidak mengingat banyaknya masyarakat etnis Cina di kecamatan ini. Metode kajian yang digunakan adalah metode sejarah dengan pengumpulan data berupa teknik wawancara kepada beberapa informan Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan, informasi yang dapat diperoleh yaitu kerusuhan (demonstrasi) pada tahun 1998 di Kecamatan Kaliwates terjadi di kawasan Jalan Gajah Mada hingga kantor Pemerintah Daerah Jember, Peristiwa ini juga disertai dengan pengrusakan terhadap beberapa toko milik etnis Cina. Peristiwa ini menimbulkan ketakutan dan rasa tidak aman bagi masyarakat etnis Cina untuk melakukan aktivitas jual beli. Peristiwa ini terjadi sebagai akibat dari kekagetan/ euforia terhadap situasi politik dan sosial yang sedang tidak stabil.

Kata kunci: Gerakan Reformasi, etnis Cina, Kerusuhan.


Full Text:

PDF

References


Blackburn, S. (2011). Jakarta: Sejarah 400 Tahun. (G. Triwira, Trans.). Depok: Masup Jakarta.

Hutahaean, J. (2014). Dampak Kerusuhan Mei 1998 terhadap Pengusaha Etnis Tionghoa di Petukangan Jakarta Tahun 1998-2003. Journal of Indonesia History, 3(1), 27–33.

Kuntowijoyo. (1995). Metode Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Kurniawan, M. D., & Suwirta, A. (2016). Ideologisasi Konsep Reformasi dalam Historiografi Buku Teks Pelajaran Sejarah di Sekolah. MIMBAR PENDIDIKAN, 1(1), 55. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v1i1.1753

Laily, K. N. (2016). Dinamika Kehidupan Sosial-Ekonomi Etnis Tionghoa di Makassar pada Masa Orde Baru (1966-1998). Universitas Jember.

Rahman, N. E. (2013). Konflik dan Kecemburuan Sosial antara Etnis Tionghoa dan Masyarakat Pandhalungan di Daerah Besuki - Situbondo. In The 5th International Conference on Indonesian Studies: “Ethnicity and Globalization.” Yogyakarta: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia.

Winarni, R., & Badriyanto, B. S. (2012). Kerusuhan Anti-Cina di Kabupaten Situbondo Tahun 1967. MOZAIK: Jurnal Ilmu Humaniora, 12(2), 141–156.




DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v3i2.1230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

MUKADIMAH: Jurnal Sejarah, Pendidikan, dan Ilmu-ilmu Sosial

Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License