Penggunaan Strategi Think, Talk, Write (TTW) terhadap Sikap Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar

Dhuhita Ayuning Tyas, Karma Iswasta Eka, Cicih Wiarsih

Abstract


Latar belakang penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya sikap percaya diri siswa. Siswa belum mampu menunjukkan sikap percaya dirinya pada saat proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri siswa dalam pembelajaran tematik melalui Strategi Think, Talk, Write (TTW). Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu kelas V SD Negeri 1 Sokaraja Wetan berjumlah 27 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan teknik non tes. Data sikap percaya diri siswa diperoleh pada observasi sikap percaya diri yang diamati setiap pertemuan dan skala sikap percaya diri yang diberikan kepada siswa pada setiap akhir pertemuan setiap siklusnya. Berdasarkan penelitian tersebut hasil skala sikap percaya diri siklus I yaitu memperoleh rata-rata 79,02% dengan kriteria baik dan siklus II memperoleh rata-rata 86,92% dengan kriteria sangat baik. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Strategi Think, Talk, Write (TTW) dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa dalam pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 1 Sokaraja Wetan.

Kata kunci: Percaya Diri, Pembelajaran Tematik, Strategi Think, Talk, Write.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dariyo, A. (2007). Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: PT Refika Aditama.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemdikbud. (2013). Panduan Teknis Penilaian Di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar.

Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. (1982). The Action Research Planner. Geelong Australia: Daekin University Press.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2013). Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Pemerintahan RI. (2003). Undang-undang Republik Indonesia No.20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sisdiknas.

Widoyoko, E. P. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v4i1.1520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

MUKADIMAH: Jurnal Sejarah, Pendidikan, dan Ilmu-ilmu Sosial

Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License