Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples pada Pokok Bahasan Perpaduan Tradisi Lokal, Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia Kelas XI SMAN 5 Medan

Arfan Diansyah

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI SMAN 5 Medan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum menggunakan model Examples Non Examples, prestasi belajar siswa masih tergolong rendah, yaitu hanya 20 orang atau 56% yang dapat mencapai ketuntasan belajar sedangkan sisanya yaitu 16 orang atau 44 % belum dapat menguasai materi pembelejaran dengan baik. Setelah dilakukan pembelajaran dengan model Examples Non Examples pada siklus 1, menunjukan skor rata-rata siswa adalah 60,61 dengan 26 (72%) siswa tuntas dan 10 (28%) siswa tidak tuntas. Pada siklus II didapat hasil yang memuaskan yaitu 86% tuntas dengan keaktifitan belajar sejarah yang tinggi. Pada siklus III ketuntasan belajar sejarah siswa mencapai 100%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar sejarah siswa setelah menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples.

Keywords


Examples Non Examples; keaktifan belajar; prestasi belajar.

Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. (2005). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Iskandar. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Referensi.

Jacobsen, David A., et al. (2009). Methods For Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Joyce, Bruce et al. (2009). Model of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, Lexy J. (1999). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (2004). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Salvin, Robert E. (2005). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v4i1.2574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Arfan Diansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.