Peranan Musyawarah Guru Mata Pelajaran dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di MAN 2 Langsa

M Zakir

Abstract


Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) adalah wadah untuk pertemuan para guru mata pelajaran di sekolah. Organisasi tersebut dibentuk sebagai forum pertemuan para guru mata pelajaran, selaian itu juga sebagai sarana silaturrahmi serta sebagai organisasi yang menampung berbagai gagasan para guru dan juga sebagai sarana menampung berbagai permasalahan yang dihadapi guru di sekolah masing-masing. Hal ini membuktikan bahwa begitu pentingnya pembentukan MGMP di dalam mengatasi persoalan yang dihadapi oleh guru di satuan pendidikan masing-masing. Dengan melalui MGMP diharapkan guru dapat mempertahankan kualitas kinerjanya dalam menjalankan tugas sebagai guru sesuai dengan kebutuhan masyarakat terutama dalam dunia kerja. Peran serta MGMP dalam proses peningkatan kinerja guru, dituntut untuk melakukan berbagai terobosan-terobosan yang akan membangun pendidikan berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu peranan MGMP dalam meningkatkan profesional guru PAI MAN 2 Langsa. Hasilnya akan menjadi pedoman dalam proses mengajar sehingga mampu menghasilkan guru-guru yang memiliki kinerja baik.

Keywords


MGMP; profesionalisme guru

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2018). Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan RPP Yang Baik dan Benar Melalui Pendampingan Berbasis MGMP Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 SMP Negeri 1 Ambalawi. JIME, Vol. 4, No. 1, 67-78.

Arifin, I. (1994). Penelitian Kualitatif Dalam Ilmu-Ilmu Sosial dan Keagamaan. Malang: Kalimasada Press.

Fakrurridha dan Nurdin. (2019). Pelaksanaan MGMP Dalam Meningkatkan Profesional Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Serambi Ilmu, Volume 20, Nomor 2, 238-255.

Firman. (2017). Peranan MGMP Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA di Kota Balikpapan. Jurnal SAINS TERAPAN, Vol. 2, No. 1, 27-33.

Husna, F. (2016). Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesinal Guru PAI: Studi Kasus MGMP PAI SMP Negeri Kabupaten Kediri. Didaktika Religia, Volume 4, Nomor 2, 205-224.

Moleong, L. J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Radial, Ali Imran Sinaga, Wahyuddin Nur Nasution. (2019). Efektivitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Kota Binjai. AT-TAZAKKI, Vol. 3, No. 1, 77-87.

S., S. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Berbasis Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Palopo Provinsi Sulawesi Selatan. Holistik, Journal For Islamic Social Sciences - IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Volume 2, Nomor 2, 1-9.

Satria Pratama, Yusrizal, Niswanto. (2018). Manajemen Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Profesional Guru Pada Forum MGMP SMK Di Kabupaten Aceh Jaya. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan-Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Volume 6, No. 1, 24-29.

Tobroni. (2008). Pendidikan Islam: Paradigma Teologis, Filosofis, dan Spiritualitas. Malang: UMM Press.

Uno, H. B. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuni Nopita Sari, Yulia Tri Samiha. (2020). Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di Kota Palembang. Muaddib: Islamic Education Journal, Vol. 3, No. 1, 39-43.




DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v4i1.2615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 M Zakir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.