Strategi Adaptasi Orang Laut di Batam

Novita Mandasari Hutagaol

Abstract


Artikel ini mengkaji tentang strategi adaptasi Orang Laut di Batam. Pembangunan di Batam yang berkembang ke arah modernisasi berdampak kepada kehidupan Orang Laut sebagai etnik lokal.  Pembangunan di tahun 1970-an di Batam mengakibatkan Orang Laut direlokasi ke darat oleh pemerintah pada masa Orde Baru. Pada akhirnya Orang Laut mengikuti peraturan pemerintah untuk tinggal dan menetap di darat dan melakukan aktivitas sosial seperti masyarakat pada umumnya. Terdapat beberapa bentuk strategi adaptasi yang dijalankan, yakni tetap melakukan aktivitas penangkapan ikan dengan membuat modifikasi alat tangkap dan menjalankan kehidupan sehari-hari dengan tinggal di rumah apung.

Kata kunci: Strategi adaptasi, Orang Laut, Batam.


Full Text:

PDF

References


Ahimsa-Putra, S. (2003). Ekonomi Moral, Rasional dan Politik dalam Industri Kecil di Jawa. Yogyakarta: Kepel Press.

Gottschalk, L. (2008). Mengerti Sejarah. (N. Notosusanto, Trans.). Jakarta: UI-Press.

Lapian, A. B. (2011). Orang Laut, Bajak Laut, Raja Laut: Sejarah Kawasan Laut Sulawesi Abad XIX. Jakarta: Komunitas Bambu.

Lenhart, L. (1997). Orang Suku Laut Ethnicity and Acculturation. Journal of the Humanities and Social Sciences of Southeast Asia and Oceania, 153(4), 577–604.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UI-Press.

Puguh, D. R., Amaruli, R. J., & Utama, M. P. (2016). Strategi Adaptasi Ekonomi Nelayan Bugis Batulawang, Kemujan, Karimunjawa. Jurnal Sejarah Citra Lekha, 1(1), 56–68.

Smith, K. (1985). Decentralization: the Territorial Dimension of the State. London: Publishing House.

Soekanto, S. (2009). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.

Suparlan, P. (1993). Kemiskinan di Perkotaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Susilowati, E. (2012). Etnik Maritim dan Permasalahannya. In A. Karsidi (Ed.), NKRI dari Masa ke Masa. Bogor: Sains Press.




DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v2i1.657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Novita Mandasari Hutagaol

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.