Peran Guru dan Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Literasi Sejarah Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Pematangsiantar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585.
Fazila, N. (2020). Peran Guru Dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas V di MIN 7 Pidie Jaya. Undergraduate Thesis. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Firmansyah, F., Dassucik, & Astindari, T. (2023). Peran Guru Dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas VII di MTs Miftahul Hidayah Gayam Lor Bondowoso Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(2), 381–391.
Hasan, S.H. 2011. Pendidikan Sejarah Untuk Memperkuat Pendidikan Karakter, makalah dikemukakan pada Seminar Sejarah Nasional Himpunan Mahasiswa Sejarah, UNNES.
Hasyim, M. (2014). Penerapan Fungsi Guru Dalam Proses Pembelajaran. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 265–276.
Hayun, M., & Haryati, T. (2020). Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Siswa SD Lab School FIP UMJ. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 79–89.
Jariah, S., & Marjani. (2019). Peran Guru dalam Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Palembang: Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Kebudayaan, K. P. dan. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lubis, E., Lisdayanti, S., & Yudha, R. K. (2023). Penerapan Kegiatan Siswa Membaca 15 Menit Sebelum Pembelajaran Di SMP Pancasila Bengkulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia, 2(1), 70–76.
Margono, S. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95–105. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105.
Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Saat, S. (2015). Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna dan Kedudukannya dalam Pendidikan). Jurnal Ta’dib, 8(2), 1–17. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i2.407.
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Melalui Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938.
Sai’dah, N., Afisa, Z. R., & Setiawaty, R. (2022). Kultur Literasi Numerasi Sekolah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Luwang 01. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 201–209. Mataram: Universitas Muhammadiyah Mataram.
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. (2008). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Susanti, E., & Syam, S. S. (2017). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Indonesia. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1–6. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Widodo, A. (2020). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 11–21.
Wiriatmadja. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6729
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Asnewastri Asnewastri, Andres M. Ginting, Ahmad Fakhri Hutauruk, Resmi Resmi, Ahmad Arif Budiman Nasution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY 4.0