Penerapan Media Poster Berbasis STEAM dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa UPT TK Pembina 01 Pancung Soal
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, D. (2017). Penerapan Pembelajaran Kontekstual pada Pendidikan Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 39–46. https://doi.org/10.24853/YBY.1.1.39-46.
Artobatama, I. (2019). Pembelajaran Stem Berbasis Outbound Permainan Tradisional. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 40. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15099.
Batubara, W., Adi Syahputra, Mardianto, & Nirwana Anas. (2021). Pengembangan Media IT dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Islamic Education, 1(2), 62–67. https://doi.org/10.57251/ie.v1i2.71.
Fauziah, S., Darmiyanti, A., and Putri, F. E. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Poster Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Permulaan Pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun di Tkq An-Namlu Palumbonsari Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 491–497. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7080625.
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. Retrieved from https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084.
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanida, R. S., Barus, M. I., & Lubis, N. A. (2022). The Effectiveness of Using Audio-Visual Media in the Learning Process of Islamic Culture History (SKI) Subject at MAN 1 MANDAILING NATAL. Islamic Education, 2(2), 20–24. https://doi.org/10.57251/ie.v2i2.678.
Hasan, M., Harahap, T. K., Hasibuan, S., Rodliyah, L., Thalhah, S. Z., Rakhman, C. U., … Arisah, N. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. In Penerbit Tahta Media. Surakarta: Tahta Media Group. Retrieved from https://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/182.
Naba, A. H., and Nirwana, N. (2021). Implementasi Metode STEAM Berbasis Media Audio Visual dalam Meningkatkan Aspek Kognitif pada Pendidikan Anak Usia Dini. AIJER: Algazali International Journal of Educational Research, 4(1), 79–90. https://doi.org/10.59638/aijer.v4i1.359.
Najamuddin, N., Fitriani, R., and Puspandini, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics (STEAM) Berbasis Loose Part untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini. Jurnal Basicedu, 6(1), 954–964. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2097.
Nugraini, T., and Pamungkas, J. (2023). Eksistensi Lembaga Taman Kanak-Kanak dalam Mempertahankan Nilai Budaya di Tengah Globalisasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1087–1104. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4105.
Nurhayati, P., Nirmala, I., and Ekaputri, F. (2021). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Metode Bercerita di PAUD Darussalam Telagasari Kabupaten Karawang. PeTeKa: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(3), 540–553. https://doi.org/10.31604/PTK.V4I3.540-553.
Rantina, M., Hasmalena, H., and Nengsih, Y. K. (2020). Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia 0-6 Tahun Selama Pandemi Covid- 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1578–1584. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.891.
Santi, N., Aimanun, Mardianto, & Nirwana Anas. (2021). Prinsip dan Pengembangan Media IT dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Islamic Education, 1(2), 74–82. https://doi.org/10.57251/ie.v1i2.73.
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syaikhu, A., and Napis, A. D. (2020). Permainan Tradisional Betawi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa di TK Mutiara. Journal of Early Childhood Education (JECE), 2(1), 84–96. https://doi.org/10.15408/jece.v2i1.15576.
Rahmawati, Y., Ridwan, A., Hadinugrahaningsih, T., & Soeprijanto. (2019). Developing critical and creative thinking skills through STEAM integration in chemistry learning. Journal of Physics: Conference Series, 1156(1), 1-7. IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1156/1/012033.
Winingsih, P. A., Sulandjari, S., Indrawati, V., and Soeyono, R. (2020). Efektivitas Poster sebagai Media Sosialisasi Program Keluarga Sadar Gizi (Kadarzi) Tentang Beragam, Bergizi, Seimbang, Aman (B2SA) di TK Kartika Bojonegoro. Jurnal Tata Boga, 9(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/37150.
Yunita, H., Meilanie, S. M., and Fahrurrozi, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 425. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.228.
DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v7i2.7532
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Muhammadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY 4.0