Pemanfaatan Barang Habis Pakai sebagai Media Pembelajaran untuk Menunjang Kreativitas Siswa Kelas 10 SMK Swasta Pelita Bulu Cina
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Press.
Endaswara, S. (2006). Metode, Teori, dan Teknik Penelitian Kebudayaan: Ideologi, Epistemologi, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widayatama.
Hanafi, A. N., Septiwi, E., Rahman, N. A., Citra, Y., Maharani, S., & Depra, L. (2022). Pemanfaatan Barang Bekas dalam Pembuatan Media Pembelajaran. YASIN, 2(6), 798–806. https://doi.org/10.58578/yasin.v2i6.731
Laila, A., & Sahari, S. (2016). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa dalam Pemanfaatan Barang-Barang Bekas pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/213
Lepiyanto, A. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Berbasis Praktikum. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(2), 156–161. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.795
Maghfuroh, L. (2018). Metode Bermain Puzzle Berpengaruh pada Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah. Jurnal Endurance, 3(1), 55. https://doi.org/10.22216/jen.v3i1.2488
Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Mustafa, D., Anggraeny, I., & Efendi, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Menulis Cerita Berbasis Pendekatan Proses Bagi Siswa SMP. LingTera, 3(1), 1. https://doi.org/10.21831/lt.v3i1.8469
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567
Oktarina, N. (2007). Peranan Pendidikan Global dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Dinamika Pendidikan Unnes, 2(3).
Raisah, P. (2018). Pemanfaatan Barang-Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Biologi pada Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MAN 5 Pidie (Skripsi). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh.
Rival, M. (2022). Peran Guru dalam pendidikan. PUBLIKASI PEMBELAJARAN, 2(1), 46–50. Retrieved from http://journal.fkipunlam.ac.id/index.php/repo/article/view/181
Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2012). Motivasi dalam Pendidikan-Teori, Penelitian, dan Aplikasinya (E. Tjo, Trans.). Jakarta: Indeks.
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256–1268. https://doi.org/10.59141/JAPENDI.V2I07.233
Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Syukron, A. A., & Amini, A. (2019). Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan Angka melalui Metode Bermain Puzzle Angka. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 77. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.221
DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v8i1.8693
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Zulfi Aulia, Zulham Siregar, Yusda Novianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY 4.0