Pengembangan Video Pembelajaran IPS Berbasis Project-Based Learning pada Materi Kegiatan Ekonomi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 62–78. https://doi.org/10.23887/JIPP.V4I1.18403
Aldina. (2018). Survei Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bulutangkis di SMA Negeri 1 Maros [Diploma thesis]. Universitas Negeri Makassar.
Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah dalam Perspektif Historis. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 111–117. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6291
Apriliyani, T., Dadi, S., & Dalifa, D. (2019). Pengaruh Model PJBL terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SDN Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(2), 135–143. https://doi.org/10.33369/JURIDIKDAS.2.2.135
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Daga, A. T. (2020). Kebijakan Pengembangan Kurikulum di Sekolah Dasar (Sebuah Tinjauan Kurikulum 2006 hingga Kebijakan Merdeka Belajar). Jurnal Edukasi Sumba (JES), 4(2), 103–110. https://doi.org/10.53395/jes.v4i2.179
Darsih, T. K., & Lubis, E. L. S. (2021). The Development of Android-Based Learning Media for Basic Accounting Subjects for Class X AKL at Al Ikhlas Vocational High School, Pangkalan Susu, Langkat Regency. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 6219–6230. https://doi.org/10.33258/BIRCI.V4I3.2430
Fauziah, C., Taufiqulloh, T., & Sudibyo, H. (2020). Implementasi Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning Selama Pandemi Covid-19. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 5(2), 38–48. https://doi.org/10.24905/psej.v5i2.46
Firdaus, H., Laensadi, A. M., Matvayodha, G., Siagian, F. N., & Hasanah, I. A. (2022). Analisis Evaluasi Program Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 686–692. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I4.5302
Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a). https://doi.org/10.30651/ELSE.V1I2A.1038
Kusumaningrum, S., & Djukri, D. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran model Project-based Learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 241–248. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.5557
Masrucha, N., Diarini, I. G. A. A. S., & Suryanto, I. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Melalui Media Vlog Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 635–643. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1439
Maulidia, N. F., & Istiqomah, D. A. (2023). Desain Pembelajaran IPS Berbasis Project Based Learning Pada Tingkat SD/MI. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 15(2), 295–305. https://doi.org/10.37304/JPIPS.V15I2.11975
Miftahussurur, & Pramono. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Media Video Pembelajaran pada Kompetensi Dasar Memelihara/Servis Sistem Pendingin Mesin. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 16(1). https://doi.org/10.15294/jptm.v16i1.9153
Munawaroh, R., Subali, B., & Sopyan, A. (2012). Penerapan Model Project Based Learning dan Kooperatif untuk Membangun Empat Pilar Pembelajaran Siswa SMP. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1). https://doi.org/10.15294/UPEJ.V1I1.773
Nahdiah, A., & Handayani, S. L. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Google Meet terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2377–2383. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1228
Nasution, F., Anggraini, L. Y., & Putri, K. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 422–427. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5245
Nurhidayah, I. J., Wibowo, F. C., & Astra, I. M. (2021). Project Based Learning (PjBL) Learning Model in Science Learning: Literature Review. Journal of Physics: Conference Series, 20(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2019/1/012043
Octariani, D., & Rambe, I. H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning Berbantuan Software Geogebra. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 16–21. https://doi.org/10.30743/mes.v4i1.864
Pribadi, B. A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Kencana.
Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67–78. https://doi.org/10.31602/MUALLIMUNA.V2I1.742
Sadri, M., Darsih, T. K., & Yusrah, Y. (2023). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Dagang dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir HOTS Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1083–1091. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1647
Saputra, K. W., Amalia, F., & Rahman, K. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 10 Program Keahlian DKV SMK Negeri 10 Malang. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 10(7), 1651–1658. https://doi.org/10.25126/jtiik.1078108
Sari, F. I., Sunendar, D., & Anshori, D. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 146–151. https://doi.org/10.31004/JPDK.V5I1.10843
Satriani, S. (2018). Inovasi Pendidikan: Metode Pembelajaran Monoton ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus). Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(1). https://doi.org/10.30984/jii.v10i1.590
Setiawan, I., Suciati, D., & Mushlih, A. (2016). IPS untuk SMP/MTs kelas VII. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud.
Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879–1887. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1068
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Supomo, R., & Nurhayati, E. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yrama Widya.
Tiwi, D. I., & Mellisa, M. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Capcut pada Mata Kuliah Kultur Jaringan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(1), 39–45. https://doi.org/10.26740/jipb.v4n1.p39-45
Winarni, E. W., & Koto, I. K. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) dengan Model Project-Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Perkuliahan IPA Pendidikan Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(1), 134–144. https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i1.13875
DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v8i1.9070
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Siti Fatimah, Muhammad Sadri, & Try Santi Kisria Darsih
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY 4.0