Motif Penggunaan Aplikasi TikTok pada Siswa SMA N 2 Boyolali Ditinjau dari Teori Motif Alfred Schutz
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504
Anggraini, D., Nurmayasari, M., & Saripah. (2023). Penggunaan Media Sosial Tik Tok dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Berprestasi Siswa SMK Al Khairiyah Bahari Jakarta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 2239–2244.
Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches (3rd ed.). Vicky Knight.
Bakistuta, E.T, & Abduh, M. (2023). Dampak Media Sosial TikTok Terhadap Tindak Tutur Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1201–1217. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6243
Davidoff, & Linda, L. (1991). Psikologi: Suatu Pengantar (Kedua). Erlangga.
Fahrimal, Y. (2018). Netiquette: Etika Jejaring Sosial Generasi Milenial Dalam Media Sosial. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 22(1), 69–78. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v22i1.82
Febrina, R. I., Iriany, I. S., & Firdaus, F. S. (2023). Motif Penggunaan Media Sosial TikTok Bagi Mahasiswa di Kabupaten Garut. Jurnal Komunikasi Universitas Garut, 9(2), 305–322.
Icha, N. R., & Kurniadi, O. (2022). Hubungan antara Menggunakan Tik Tok dengan Perilaku Eksistensi Diri. Bandung Conference Series: Public Relations. https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i1.939%0D
Irfan, M. (2022). Aplikasi Tik Tok sebagai Media Informasi Berita (Studi Kasus Karyawan Perkebunan Bungara, Kecamatan Bahorok, Langkat). MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 172–177. https://doi.org/10.30743/mkd.v6i2.5108
Kuen, M. M., & Kuen, F. A. (2020). Eksistensi Braggadocian Behavior pada Media Sosial TikTok (Studi Fenomenologi pada Remaja Di Kota Makassar). Jurnal Ilmiah Pranata Edu, 2(2), 47–48.
Madhani, L. M., Bella Sari, I. N., & Shaleh, M. N. I. (2021). Dampak Penggunaan Media Sosial TikTok Terhadap Perilaku Islami Mahasiswa Di Yogyakarta. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 3(1), 627–647. https://doi.org/10.20885/tullab.vol3.iss1.art7
Malimbe, A., Waani, F., & Suwu, E. A. A. (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi Online TikTok (Douyin) Terhadap Minat Belajar di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Ilmiah Society, 1(1), 1–10.
Miles, M., Huberman, A., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. Sage Publications.
Nadiyah, D. L. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTS NU Banat Kudus. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 13(2), 263–280. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v13i2.393
Ndruru, D. J., Mulyatno, C. B., Subali, Y., & Antony, R. (2023). Pengalaman Bermedia Sosial Kaum Religius di Era Digital. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 213–221.
Prajayanti, H., & Setyowati, A. (2023). Pengaruh Media Sosial Tik Tok terhadap Perkembangan Belajar Siswa di SMA Kota Pekalongan. Jurnal Kebidanan Harapan Ibu Pekalongan, 10(2), 142–148. https://doi.org/10.37402/jurbidhip.vol10.iss2.272
Purwanto. (1996). Psikologi Pendidikan Remaja. Remaja Rosda Karya.
Sa’adah, A. N., Rosma, A., & Aulia, D. (2022). Persepsi Generasi Z Terhadap Fitur TikTok Shop Pada Aplikasi TikTok. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 131–140. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.176
Saputera, R. T. (2021). Analisis Video Comment to Video Likes Ration TikTok pada 5 Artis TikTok dengan Followers Terbanyak 2021.
Schutz, A. (1967). The Phenomenology of Social World.” Penerjemah, George Walsh dan Frederick Lehnert. Northwestern University Press.
Susanti, E., Salsabila, N., & Syabila, T. (2023). Analisis Interaksi Sosial Mahasiswa Pelanggan Aplikasi TikTok pada Mahasiswa IPS. Pendidikan Tambusai, 7, 30871–30879.
Suswandari, M., William Andri Siahaan, K., Maharromiyati, Ratih Rosanawati, I. M., Angganing, P., & Wahyu Mega Alfhira, N. (2022). Analisis Penggunaan TikTok Terhadap Perilaku Addicted Di Kalangan Usia Sekolah Dasar. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 212–226. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.449
Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270
Yani, O., Mulyani, S., Wibisono, T., & Hikmah, A. B. (2022). Pemanfaatan Media Sosial TikTok Untuk Pemasaran Bisnis Digital Sebagai Media Promosi. Hospitality , 11(1), 291–296.
DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v8i2.9621
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Naning Nur Azizah, Siany Indria Liestyasari, & Saifuddin Zuhri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY 4.0