Author Guideline

KETENTUAN PENULISAN NASKAH

 

  • Naskah berbahasa Indonesia bertema pendidikan, sejarah, maupun disiplin ilmu sosial dan humaniora yang merupakan hasil penelitian.
  • Naskah harus orisinil, belum pernah dimuat dan diterbitkan di media lain dan ditulis secara perorangan maupun tim.
  • Naskah ditulis dengan tata cara dan ketentuan sesuai kaidah penulisan artikel ilmiah, menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan dengan EYD.
  • Naskah berupa ketikan dalam bentuk soft file menggunakan Microsoft Word (dengan format: *.doc/*.docx/*.rtf, bukan format *.pdf).
  • Naskah ditulis dengan ukuran kertas A4, jarak spasi 1 pt dengan panjang antara 10-12 halaman. Batas margin kiri, kanan, atas dan bawah masing-masing 2,54 cm. Jenis font yang digunakan adalah Constantia dengan ukuran 12 pt. Silahkan unduh template artikel yang sudah disediakan pada laman OJS.
  • Artikel hasil penelitian mencakup:

Komponen

Keterangan

Judul

Ringkas, padat, maksimal 12 kata.

Identitas penulis

Nama penulis, institusi/lembaga, alamat email.

Abstrak

Ditulis dalam bahasa Indonesia antara 150-180 kata, disertai kata kunci.

Pendahuluan

Memuat latar belakang dan masalah penelitian, dan tujuannya secara ringkas antara 3-5 paragraf.

Metode & Fokus Penelitian

Berisi metode penelitian yang digunakan dan fokus kajian maupun ruang lingkup kajian.

Kerangka Konseptual & Tinjauan Pustaka

(opsional)

Berisi konsep-konsep dan pendekatan-pendekatan keilmuan yang digunakan dan pustaka yang mendukung penelitian sebagai tinjauan ilmiah.

Hasil & Pembahasan

Berisi uraian dan deskripsi hasil penelitian.

Simpulan

Berisi simpulan hasil penelitian dalam satu paragraf maksimal 300 kata, bukan ringkasan dari pembahasan.

Ucapan Terima Kasih

(opsional)

Berisi ucapan terima kasih penulis kepada pihak-pihak yang mendukung pelaksanaan penelitian.

Referensi

Berisi daftar sumber dan referensi yang dirujuk dalam artikel.

  • Referensi yang digunakan dalam penulisan artikel dicantumkan dengan teknik sitasi sidenote (catatan sisi). Teknik sitasi lain seperti footnote (catatan kaki) tidak dianjurkan penggunaannya agar pengutipan sumber atau referensi lebih efisien dan hemat ruang. Adapun pengutipan sumber atau keterangan yang sangat penting untuk dicantumkan, maka dibolehkan untuk menggunakan teknik sitasi endnote yang letaknya setelah daftar Referensi.
  • Penulisan sumber atau referensi disusun pada bagian yang diberi judul Referensi, bukan menggunakan judul Daftar Pustaka.
  • Penulisan sumber atau referensi menggunakan kaidah yang standar digunakan oleh rumpun ilmu sosial, yaitu American Psychological Association 6th edition (APA 6th style). Referensi disusun secara alfabetis.
  • Penulis disarankan menggunakan fitur Reference Manager agar mempermudah penulisan dan sitasi secara otomatis, baik menggunakan fitur Microsoft Word (Menu Bar: Reference/Citation & Bibliography) maupun software lain seperti Mendeley, EndNote, maupun Zotero.
  • Contoh sitasi sesuai APA 6th style:

Jenis Terbitan

Contoh

Buku

 

Ahimsa-Putra, S. (2003). Ekonomi Moral, Rasional dan Politik dalam Industri Kecil di Jawa. Yogyakarta: Kepel Press.

Geertz, C. (1983). Abangan, Santri, Priyayi dalam Masyarakat Jawa. Jakarta: Pustaka Jaya.

Lapian, A. B. (2011). Orang Laut, Bajak Laut, Raja Laut: Sejarah Kawasan Laut Sulawesi Abad XIX. Jakarta: Komunitas Bambu.

Bab dalam Buku

Kutz, L. R., & Turpin, J. (2002). Menguraikan Jaringan Kekerasan. In T. Santoso (Ed.), Teori-teori Kekerasan. Jakarta: Ghalia Indonesia & Universitas Kristen Petra.

Artikel Jurnal

Lenhart, L. (1997). Orang Suku Laut Ethnicity and Acculturation. Journal of the Humanities and Social Sciences of Southeast Asia and Oceania153(4), 577–604.

Suprayitno, S. (2012). Islamisasi di Sumatera Utara: Studi Tentang Batu Nisan di Kota Rantang dan Barus. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman36(1), 154–173.

Siswanto, D. T. B., & Lestari, S. N. (2018). Afdeeling Berbek Pasca Pemindahan Ibukota: Tinjauan Historis Perkembangan Nganjuk sebagai Pusat Pemerintahan Baru, 1880-1901. MUKADIMAH2(1), 1–10.

Prosiding

Ismail, M. Gade. (1989). “The Economic Position of the Ulèëbalang in the Late Colonial State Aceh, East Aceh 1900-1942”. Conference of the Socio-Economic Foundations of the Late Colonial State in Indonesia, 1880-1930: Towards an Explanation. NIAS: Wassenaar, 12-14 Juni 1989.

Sufi, Rusdi. (1985). “Pasifikasi dan Pertumbuhan Ekonomi di Aceh”. Seminar Nasional ke-IV di Yogyakarta, 16-19 Desember 1985. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional.

Laporan Penelitian

Ahmad, T.A. (2012). “Kendala-Kendala Guru dalam Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Sejarah di SMA negeri Kota Semarang”. Laporan Penelitian. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Semarang.

Artikel dari internet

Agan Harahap, Seniman Ahlinya “Manipulasi Foto.” (2014). Retrieved September 27, 2017, from https://hot.detik.com/art/2719114/agan-harahap-seniman-ahlinya-manipulasi-foto.

Budiman, A. (2017). Berita Bohong (Hoax) di Media Sosial dan Pembentukan Opini Publik. Retrieved September 27, 2017, from http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-IX-1-I-P3DI-Januari-2017-181.pdf.

Heriyanto, T. (2015). Jutaan Akun Instagram Ternyata Dikendalikan Robot. Retrieved September 27, 2017, from https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150707165310-185-64989/jutaan-akun-instagram-ternyata-dikendalikan-robot?.

Surat kabar dan majalah

Perajaan Jong Islamiten Bond afdeling Medan. (1927, April 15). Soeara Regie.

Visi Tak Jelas: Akhiri Politisasi Pendidikan. (2008, April 29). Suara Pembaruan.

Suryadi, A. Tafsir Kesaktian Pancasila. (1927, Oktober 2012). Suara Merdeka.

Sksipsi, Tesis, Disertasi

Muhajir, A. (2016). Industrialisasi di Kota Langsa pada Era Kolonial: Dari Kapitalisme Negara ke Swasta, 1907-1942. Universitas Diponegoro.

Dokumen resmi

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 2006. Jakarta: Diperbanyak oleh PT Armas Duta Jaya.

Besluit van Gouverneur Generaal van Nederlandsch-Indië, 25 April 1906, No. 7 (Arsip Nasional Republik Indonesia).

Boer, K.H. de, Memorie van Overgave van den Controleur van Onderafdeeling Langsa, 10 Juli 1927 (Serie 1e, M.F. 25, Film No. 9, Arsip Nasional Republik Indonesia).

Departement van Economische Zaken. (1935). Volkstelling 1930, IV: Inheemsche Bevolking van Sumatra. Batavia: Landsdrukkerij.

Leksikografi

Kreemer, J. (1931). Atjèhsch Handwoordenboek: Atjèhsch-Nederlandsch. Leiden: E.J. Brill.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Keempat. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Arsip Foto dan Peta Digital

Tropenmuseum. “Afscheidsfeest familie Hovenkamp in de sociëteit, 1919”, kode gambar: TM-60021728 (Koleksi Digital http://collectie.tropenmuseum.nl).

Universiteit Leiden Library, “Atjeh Administratieve Indeling”, kode gambar: 11561; “Town Plan of Langsa, 1944”, kode gambar: 03998 (Koleksi Digital http://maps.library.leiden.edu).

  • Naskah harus mengutip artikel terdahulu yang pernah diterbitkan dalam Jurnal Mukadimah apabila memiliki kesamaan topik.
  • Naskah dikirim dalam bentuk soft copy secara online melalui website OJS (Online Journal System) pada tautan: http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/index, dengan registrasi terlebih dahulu bagi penulis yang pertama kali melakukan online submission. Silahkan catat username dan password untuk mempermudah anda melakukan log in kembali. Jika ditemukan kendala, silahkan hubungi editor melalui email mukadimah@fkip.uisu.ac.id.
  • Naskah yang akan diterbitkan harus memenuhi persyaratan dan kelayakan melalui tahapan yang telah ditentukan oleh editor, yaitu: pemeriksaan artikel yang masuk oleh editor, korespondensi antara editor dan penulis, review artikel oleh para reviewer, penyuntingan oleh editor, dan publikasi artikel.
  • Naskah yang ditolak akan dikembalikan kepada penulis dengan pemberitahuan tertulis dari editor.
  • Selama proses pengiriman naskah hingga penerbitan, penulis akan menerima: surat keterangan telah mengirim naskah, form surat kesediaan penerbitan naskah, dan surat tanda terima telah melakukan pembayaran biaya publikasi.