Pengaruh Peningkatan Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menabung Di Bank Aceh Syariah Sutomo KCP Kota Medan

Rudiansyah Rudiansyah, Nahar Abdul Ghani, Eli Agustami

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh peningkatan pelayanan mobile banking terhadap kepuasan nasasbah dalam menabung di Bank Aceh Syariah Sutomo KCP Kota Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dengan sampel sebanyak 30 responden dan metode dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana yaitu untuk mengetahui pengaruh lebih dari satu variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pelayanan mobile banking berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan diperoleh nilai signifikansi 0,663 diatas 0,05, Sedangkan secara simultan diketahui bahwa nilai Fhitung 22,330 lebih besar dari Ftabel 2,471 artinya secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Besarnya pengaruh pelayanan mobile bankingterhadap kepuasan nasabah sebesar 49,8%. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan: Y = 5,200 + -0,048 X1+ 0,019 X2 + 0,430 X3 + 0.282 X4 + e, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat dikatakan bahwa variabel layanan mobile baking yang meliputi kemudahan penggunaan layanan, keamanan sistem mobile banking, kredibilitas perusaan jasa layanan perbankan, dan kecepatan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah. Maka semakin tinggi kualitas pelayanan m-banking maka semakin meningkat kepuasan nasabah pada Bank Aceh Syariah Sutomo KCP Kota Medan.


Keywords


Pelayanan Mobile Banking dan Kepuasan Nasabah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Astika Kurniawati, Hanif, Wahyu Agus Winarno, dan Alfi Arif. Analisis Minat Penggunaan Mobile Banking Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Yang Telah Dimodifikasi. Universitas Jember (UNEJ) 4, no. 1 (2017).

Bank Indonesia. Pedoman Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum. Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan, Deseber 2007.

Bungin, Burhan, Metode Penelitian Kuantitatif,Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2005.

Kartini Kartono, Pengantar Metodologi Research Sosial, Bandung: Mandar Maju, 1996

Muhammad, Metode Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif, Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Ridwan dan Akdon, Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistik, Bandung: Alfabeta, 2010.

Ruslan, Rosady.2003, Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta

: Pt Raja Grafindo Persada.

Singarimbun, Masri, Metodologi Penelitian Surve .Jakarta : LP3ES , 2000 Sujarweni, V. Wiratna dan Poly Endrayanto. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: ISES Publishing, 2012.

Sufren. 2014, Belajar Otodidak SPSS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sugiono. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung : Alfabeta, 2014.

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2017.

Syafi’I Antonio, Muhammad, Bank Syariah Dari Teori Ke Peraktik, Jakarta: Gema Insani, 2001.

Supriyono, Maryanto, Buku Pintar Perbankan, Yogyakarta: Andi, 2011.

Tjiptono, Fandy ,Service Management: Mewujudkan Layanan Prima, Yogyakarta: Andi, 2012.

Tjiptono, Fandy. 2003, Kualitas Pelayanan, Edisi Pertama.Jakarta : Gramedia Pusat Utama

Yesta Utami, Selvia. Pengaruh Kualitas Pelayanan Perusahaan Seluler Terhadap Kepuasan Konsumen.IAIN Metro, 2019.




DOI: https://doi.org/10.30743/mutlaqah.v3i2.7214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rudiansyah Rudiansyah, Nahar Abdul Ghani, Eli Agustami

MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah

MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License