Pengaruh Transaksi Link Aja Syari’ah Terhadap Minat Masyarakat Kelurahan Harjosari I Kecamatan Medan Amplas

Arisma Dewi, Syamsul Effendi, Mustapa Mustapa

Abstract


Uang elektronik (E-Money), yaitu suatu alat pembayaran yang nilai uangnya telah disimpan secara elektronik dalam sebuah server atau kartu. salah satu E-Money adalah LinkAja Syari'ah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan transaksi LinkAja Syari'ah terhadap kepentingan masyarakat Kelurahan Harjosari I Kecamatan Medan Amplas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Peneliti mengambil lokasi di Jalan Sisingamangaraja Garu III Kelurahan Harjosari I Kecamatan Medan Amplas Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Harjosari I Kecamatan Medan Amplas khususnya di lingkungan Kelurahan IX sebanyak 1.902 orang, 950 laki-laki dan 952 perempuan. Dan ada 98 pengguna LinkAja. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling. dan Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, kuesioner. dan teknik pengolahan data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi linier sederhana, dan uji hipotesis. Kemudian diperoleh hasil dari penelitian pengaruh transaksi LinkAja Syari'ah terhadap minat masyarakat Kelurahan Harjosari I Kecamatan Medan Amplas. kesimpulannya adalah Variabel X memiliki nilai signifikansi 0,000 ± 0,5 yang artinya pengaruh transaksi menggunakan LinkAja Syari'ah berpengaruh terhadap Minat Masyarakat Desa Harjosari I Kecamatan Medan Amplas. dan saran peneliti adalah agar LinkAja Syari'ah terus mempertahankan dan meningkatkan layanan LinkAja Syari'ah yang akan dirasakan oleh masyarakat jika menggunakan E-Wallet LinkAja Syari'ah untuk pekerjaannya atau aktivitas sehari-hari dalam melakukan transaksi digital.


Keywords


Transaksi, Link Aja Syariah, Minat Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Atriani et al., “Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital OVO,” Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora Vol. 6, No. 1, 2020.

Al-Quran Karim, Diakses di https://alqurankarim.net/search, 2023.

Bank Indonesia, “Peraturan Bank Indonesia Nomor 18/40/PBI/2016”, tentang penyelenggaraan pemrosesan transaksi pembayaran, https://www.bi.go.id/id/publikasi/peraturan/Pages/pbi_184016.aspx.

Dede Ihsanudin, “Uang Elektronik Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif”, Disertai: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019.

Desy Novianti Rahayu,“Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Minat Pengguna Aplikasi Linkaja (Studi Kasus oleh mahasiswa Ekonomi Syari’ah UIN Sultan Syarif Kasim Riau)”, skripsi. Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2022.

Dwi Priyatno, “Mandiri Belajar SPSS”, Media Kom, Yogyakarta, 2009.

Fiona, Dinar Rian, Wahyu Hidayat. "Pengaruh promosi penjualan dan e-service quality terhadap minat beli ulang melalui kepuasan pelanggan (Studi pada pelanggan Gopay di Jabodetabek).", Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 2020.

Fityan Ahlushufah Sinatrya, “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menggunakan LinkAja Syari’ah Di Daerah Istimewa Yogjakarta”, 2021.

https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/Pages/Perbankan-Syariah.aspx

Kim et al., “A Trust-Based Consumer Decision-Making Model in Electronic Commerce: The Role of Trust, Perceived Risk, and Their Antecedents,” Decision Support Systems Vol. 44, no. 2, 2008.

LinkAja, “Tentang LinkAja”, di akses di https://www.linkaja.id/tentang, pada tanggal 16 April 2023.

LinkAja, “Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja”, diakses melalui situs: https://www.linkaja.id/syarat-ketentuan, pada Tanggal 11 Juli 2023.

Muhammad Ananda Rizaldi, Muhammad Anwar Fathoni dan Fitri Yetty “ Faktor Determinasi Minat Penggunaan Layanan LinkAja Syari’ah Pada Masyarakat Jabotabek”, Journal of Sharia Economics, Artikel. Jakarta: Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Nabilla Salshabila Dan Tri Indra Wijaksana, “Analisis Perbandingan E-Service Quality Dan ETrust Aplikasi Linkaja Dengan Aplikasi Dana.”, Jurnal E- Proceeding Of Management Vol 7 No 2 Agustus 2020.

Nisa Lusiana, Afif Muamar, Dan Wasman, “Praktik Transaksi Non Tunai Melalui Layanan Syariah Linkaja Pada Ekosistem Keislaman Di Kota Cirebon.” Jurnal Bilancia Vol. 15 No 1 Januari-Juni 2021.

Radhwa Shadrina Syalfa, “Pengaruh Manfaat, kemudahan, kepercayaan, keamanan, dan Religiusitas terhadap minat menggunakan E-Payment LinkAja Syari’ah”, Diss, STIE Indonesia Banking School, 2022.

Restu Guriting Panggalih dan Zaki Baridwan, “Minat Individu terhadap Penggunaan Internet Banking : Pendekatan Modified Theory of Planned Behavior” Jurnal Universitas Brawijaya, Vol. 1, No. 2, 2013.

Retno Asri Wahyuningtyas, “Pengaruh Persepsi Kemudahan Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Persepsi Kegunaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Layanan Aplikasi Go-Jek Di Surabaya)”, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya, 2016.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D” Bandung: Alfabeta, 2016.

Suharni, “Uang Elektronik (E-money) Ditinjau dari Perspektif Hukum dan Perubahan Sosial”, dalam Bagian Keperdataan Fakultas Hukum UNTAG Semarang, Vol. 15 No. 1, 2018.

Surat Al- Kahfi, diakses di https://tafsirweb.com/4845-quran-surat-al-kahfi-ayat- 19.html diakses pada 11 Juni 2023.

Tazkiyyaturrohmah Rifqy, “Transaksi Uang Elektronik Ditinjau Dari Hukum Bisnis Syariah’ (Tesis Program Studi Hukum Islam Konsentrasi Hukum Bisnis Islam)”, Yogyakarta, 2016.

Uswatun Hasanah, M Rusydi, Dan Candra Zaky Maulana, “Penggunaan Digital Payment Syariah Pada Masyarakat Dikota Palembang :Pendekatan Teori Technology Acceptance Model (TAM) Pada Layanan Syariah Linkaja.” Jurnal Intelektual Vol 10 No 1 2021.

Veithal Rivai, dkk, “Bank and Financial Institution Management”, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2001.

Wahab, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efisiensi Bank Umum Syariah Di Indonesia Dengan Pendekatan Two Stage Stochastic Frontier Proach (Studi Analisis Di Bank Umum Syariah).” Jurnal Economica Vol VII Edisi 2, 2015.




DOI: https://doi.org/10.30743/mutlaqah.v4i1.8285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arisma Dewi, Syamsul Effendi, Mustapa Mustapa

MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah

MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License