KAJIAN KINERJA MESIN DIESEL AKIBAT PENAMBAHAN OLI PENDINGIN LUAR

Adnan Surbakti, Suhardi Napid

Abstract


Panas akibat gesekan antar komponen mesin, suatu saat akan mengalami keausan bila temperatur terlalu tinggi maka kualitas oli dapat berkurang dengan konsekuensi penyerapan panas dan pelumasannya tidak maksimal lagi dengan demikian kinerja dan daya tahan mesin menurun. Oleh karena itu, untuk mendinginkan pelumas oli digunakan oil cooler. Tujuan penelitian untuk mencegah panas berlebihan, meningkatkan kinerja mesin yang dapat menghemat penggunaan bahan bakar. Metode penelitian dilakukan dengan cara ekperimen, terlebih dahulu melakukan pengamatan melalui studi lapangan, studi literatur dan pengambian data awal. Media dan alat ukur penelitian adalah mobil toyota, roller dynamometer, pressure gauge, hidrolic house, gelas ukur, stop watch, taco meter, selang dan alternator. Data hasil eksperimen dianalisa untuk mengetahui besarnya efek dan signifikansinya terhadap parameter yang diukur yakni daya mesin dan penggunaan bahan bakar. Objek penelitian adalah sebuah motor Diesel 2600 cc (mobil toyota) menggunakan oil cooler dan tanpa oil cooler dengan variabel media pendingin, putaran, penggunaan bahan bakar spesifik, daya motor. Dapat disimpulkan bahwa peningkatan daya dengan menggunakan media pendingin air 1,77 % dan coolant sebesar 2.42 % sedangkan efisiensi penggunaan bahan bakar dengan media pendingin air lebih irit 5,15 % dan collant 3,47 %. Perolehan hasil pembakaran bahan bakar yang optimum digunakan media pendingin dengan konsekuensi menghasilkan hemat bahan bakat dan menambah daya mesin.


Full Text:

PDF

References


Arismunandar, Wiranto dan Tsuda, Koichi, 1983, Motor Diesel Putaran Tinggi. Jakarta : Pradnya Paramita

Arismunandar, Wiranto. 1983. Penggerak Mula Motor Bakar Torak. Penerbit : ITB

Holman, J.P., 1994, Perpindahan Kalor (Edisi 6), Jakarta : Penerbit Erlangga.

Maleev, V.L., M.E., DR.A.M., Priambodo, Bambang, IR., …., Operasi Dan Pemeliharaan Mesin Diesel, Penerbit : Erlangga, Jakarta

TOYOTA, Engine Group New Step II, PT. TOYOTA ASTRA MOTOR Jakarta.

Wikipedia ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia, Oli, 22/11/2009. http: //id.Wikipedia.org/wiki/oli.

Budiyono 2004. Statistika untuk penelitian, Surakarta : Sebelas Maret University Press analisis varians annova.

Katsuo Akishino, 2000. Present and Future of Direct Injection SI Engines, Mitsubishi Motors Corporation.

Rabiman & Zainal Arifin. GRAHA ILMU,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PISTON (Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Fakultas Teknik UISU)