PENGARUH TEKANAN NOZZEL TERHADAP EMISI GAS BUANG RAMAH LINGKUNGAN MESIN DISEL TYPE C190

Tinus Ginting

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui emisi gas buang HC (ppm) dan CO (%), melalui variasi tekanan nozzel dan variasi putaran.sampel penelitian menggunakan engine stand 2300 CC,bahan bakar solar.mmelalui variasi putaran 1000 rpm,2000 rpm,3000 rpm dan tekanan nozzle 130 kg/cm2 , 140 kg/cm2 , dan 150 kg/cm2 diukur emisi gas buang pada engine smoke tester. Data penelitian ditabulasi dan dilanjutkan analisis menggunakan program excel .Hasil penelitian menyimpulkan bahwa variasi tekanan nozzle dan putaran berpengaruh terhadap emisi gas buang, nilai emisi gas buang HC (ppm) paling rendah pada takanan nozzel 130 kg/cm2 pada puraran 1000 rpm, sementara nilai emisi gas buang CO (%) paling rendah rendah terjadih pada tekanan nozzel 140 kg/cm2 pada putaran 3000 rpm.

Full Text:

PDF

References


Drs. Daryanto. Motor Diesel Pada Mobil. Bandung : 2004. PenerbitYramaWidya.

Rabiman Zainal Arifin. Sistim Bahan Bakar Motor Disel. Yogyakarta: 2011. Penerbit. Graha Ilmu.

Wiranto Arismunandar. Penggerak Mula Motar Torak Penerbit ITB Bandung 1998


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PISTON (Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Fakultas Teknik UISU)