ANALISA PENGARUH SUDUT MASUK TERHADAP JUMLAH SUDU PADA SUDU POMPASENTRIFUGAL

Amirsyam Nasution, Muslih Nasution, Muhammad Rohim

Abstract


Pompa sentrifugal yang digunakan sebagai alat transformasi fluida cair, memiliki komponen yang disebut impeller. Impeller dilengkapi dengan sudu – sudu pompa mempunyai pengaruh yang sangat vital pada kinerja pompa  sehingga dengan menentukan sudut masuk dan keluar pada sudu pompa, akan  diperoleh jumlah sudu yang tepat sehingga akan mempengaruhi kinerja perpindahan fluida cair yang dipompakan, untuk menghasilkan kapasitas pompa yang lebih baik. Dari hasil analisa penentuan sudut masuk dengan variasi sudut 18 1,2,3 o o , 20, dan 25 o terlihat pengaruh yang cukup signifikan seperti pada jumlah  sudu kapasitas yang dihasilkan, dan efisiensi yang optimal. Dan dari hasil analisa ini dipilih sudut masuk impeler 20 o dan sudut keluar 27 o dengan diperoleh efesiensi  pompa 77%, 78%  dan 76%  dengan daya pompa 15,32 KW.

Full Text:

PDF

References


Fritz Diesel, Turbin, Pompa dan Kompresor, cetakan kedua, ( terjemahan oleh dakso sriyono), Penerbit Erlangga Jakarta, 1990.

Hendradji, POMPA, Pustaka Beta, Kebayoran Baru, Jakarta, 1952.

Rao N S Govinda, Fluid Flow Machines:, Tata Mc graw – Hill publishing CompanyLimited, New dwlhi, 1986.

R. Munson Bruce, F. Young, H. Okiishi Theodore, Mekanika Fluida, Edisi ke empat Julid 2, Second Edition, Erlangga, Jakarta, 2005.

Stephen Lazarkiewiez and AT. Troskolanski “IMPELLER PUMPS’’

Sularso Tahara Haruo,”Pompa dan kompresor, pemakaian dan pemeliharaan’’ PT. Pradya Paramita, Jakarta, 1983

W, M, Rumaherang “Perhitungan aliran dan peramalan karakteristik pompa sentrifugal bertingkat dengan penggunaan CAD blade’s system, (2008)

Dwi Aries Harmanto “pengaruh jumlah sudu impeller terhadap unjuk kerja pompa sentrifugal’’ (2003).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PISTON (Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Fakultas Teknik UISU)