ANALISA PADA SISTEM PEMANAS AIR UMPAN KETEL UAP DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV KEBUN ADOLINA

Yusmahdi Syahputra

Abstract


Pemanas Tekanan Tinggi adalah suatu alat penukar kalor yang berfungsi untuk menaikkan suhu air pada sistem air umpan ketel uap (boiler) dengan memanfaatkan uap bekas pemutar turbin. Masalah yang perlu di analisa dan di pelajari tentang pemanasan tekanan tinggi adalah variable – variable proses yang bekerja (tekanan, temperature, laju aliran,konduktibitas thermal dll). Bahan material serta rumus – rumus perhitungan yang berkaitan dengan alat pemanas tekanan tinggi. Parameter input yang diperoleh dari data spesifikasi yaitu panjang tube (L), data – data properties, jarak baffle (B), jumlah baffle (Nb), baffle of cut (%) pada APK jenis shell dan tube susunan triangular dengan jumlah 2 laluan. Dimana pada sisi shell mengalir fluida panas (air kondensate). Dari hasil perhitungan diperoleh koefisien perpindahan panas yaitu luas perpindahan panas (A) = 4377,96 m², perpindahan menyeluruh (U) = 35,21 W/m². K, perpindahan panas diluar tabung (hₒ) = 2234,387 W/m². K, perpindahan panas didalam tabung (hᵢ) = 64,94 W/m². K. panas yang diberikan (Q) = 9,6 MW, penurunan tekanan pada sisi shell (∆Ps) = 3.896.553,36 Pa, dan efektivitas APK = 93 %. Makan dapat disipulkan bahwa efektifitas APK maksimum terjadi pada temperature uap ekstraksi 320, 6 °C harus selalu dijaga agar alat penukar kalor selalu beroperasi dengan baik.

Full Text:

PDF

References


Tunggul M. Sitompul. (1993), Alat Penukar Kalor, edisi 1. Cet . 1. Rajawali Pers, Jakarta.

Holman, J.P. (1986) Perpindahan Kalor. Erlangga, Jakarta.

D.Q. KERN, (1950), Proses Heat Transfer, Mc Geawill Book Company, Inc New York.

Mukherjee Rajiv, (1998), Effectivity Design Shell And Tube Heat Exchanger, Chem, Eng. Progress

Taborek, J. (1982), Sheell And Tube Heat Exhanger Single Phase Flow, In Head Exchanger Desigtn Handbook, section 3.3 Hemisphere, New York.

Nursuhud, Djati dan Asu Pudjanarsa, 2008. Mesin Konversi Energi. Yokyakarta : Penerbit Andi

Cengel, Yunus A. 2003. Heat Tranfer 2 edision. Mc Graw Hill Book Company. New York.

Hartono, Rudi, 2008. Penukar Panas . Fakultas Teknik, Universitas Sultan Agung Cilegon. Banten

Nasir, M dan Maksun, Hasan. 2006. Analisa Peningkatan Perpindahan Kalor dan Peningkatan Daya Pemompaan Pada Alat Penukar Kalor Jenis Shell And Tube. Fakultas Teknik UNP.

Stoecker, Wilbert F dan Jones, Jerold W. 1982. Refrigeration and Conditioning. New York.

Incopera, P. 2007. Fundamental of Heat and Mass Transfer Sixth Edition. John Wiley and Sons. New York.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PISTON (Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Fakultas Teknik UISU)