ANALISA PENGARUH TEBAL DINDING DAN ISOLASI TERHADAP PERPINDAHAN PANAS PADA STERILIZER

Amirsyam Nasution, Muksin R.Harahap, Wisnu Pradana

Abstract


Pabrik kelapa sawit Kebun Adolina PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero)  Perbaungan merupakan pabrik milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang industri penghasil crude palm oil (CPO) atau minyak sawit mentah. Perolehan persentase rendemen crude palm oil (CPO) yang rendah sering terjadi pada pabrik kelapa sawit Kebun Adolina PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero) Perbaungan. Dalam sterilizer buah kelapa sawit direbus dengan uap pada suhu dan tekanan serta waktu tertentu. Jika persyaratan di atas tidak terpenuhi, maka efisiensi produksi dari CPO yang dihasilkan mungkin tidak mampu memenuhi spesifikasi yang ditetapkan dalam SNI 01-2901-2006. Oleh karena itu, analisa perlu dilakukan pada sterilizer. Hasil yang didapatkan dari analisis perpindahan panas pada Sterilizer Crude Palm Oil di PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero)   yaitu  efisiensi panas, losses, perubahan energi dalam dan transient conduction. Efisiensi panas tertinggi terdapat pada peak I sebesar 0,846277. Losses terendah di peak III sebesar 51,765kJ.

Full Text:

PDF

References


. Holman, J.P. (2010). “Heat Transfer, Tenth Edition”. Mc Graw-Hill.Inc.

Naibaho, waldemar and Siagian, Parulian. (2012). “Upaya Peningkatan Mutu Cpo Melalui Analisis Kebutuhan Uap Diarea Stasion Klarifikasi Pks 20 Ton Tbs/Jam”. Fakultas Teknik prodi Teknik Mesin UHN dengan konsentrasi KonversiEnergi

Sitepu, Tekad. (2011). “ Analisa Kebutuhan Uap Pada Sterilizer Pabrik Kelapa sawit Dengan LamaPerebusan 90 Menit.”. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Universitas Sumatra Utara.

Tohir. (2014). “analisa kalor yang dibutuhkan pada sterilizer tipe horizontal kapasitas 13 ton (tbs/jam) pada PT. SUMBER INDAHPERKASA”.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.