RANCANG BANGUN MESIN PENGUPAS KULIT BUAH NANGKA MUDA

Gabriel Irfan Santua Zalukhu

Abstract


mempermudah pekerjaan manusia mulai dari bidang perindustrian, peternakan dan juga pertanian. Pada umumnya para petani kebanyakan mengunakan peralatan manual atau masih menggunakan tenaga manusia untuk melakukan pekerjaannya. Seperti halnya pada para pedagang buah nangka muda. Pada proses pengupasan kulit buah nangka muda masih menggunakan peralatan manual yaitu dengan menggunakan pisau, hal tersebut bisa saja membuat pedagang mengalami luka akibat dari pisau saat mengupas kulit buah nangka muda tersebut. Dari permasalahan tersebut, peneliti ingin membahas dan memberikan sebuah ide untuk masalah tersebut, yaitu “Rancang Bangun Mesin Pengupas Kulit Buah Nangka Muda”. Proses dalam pembuatan mesin dimulai dari rancangan ide, pengumpulan data merancang desain, pemilihan dan perhitungan komponen yang diperlukan seperti daya motor, putaran mesin, daya rencana mesin, diameter poros, bantalan, pulley dan sabuk. Dengan adanya mesin ini, nantinya dapat mempermudah pedagang untuk melakukan pengupasan kulit buah nangka muda.


Full Text:

PDF

References


Dahmir Dahlan, Dwi Trisno. (2013). Elemen Mesin. Citra Harta Prima.

Kiyokatsu Suga dan Sularso. (1997). Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta: PT Pradnya Paramitha.

Muhammad Fatoni S., (2010) Desain Alat Pengupas Kulit Nangka Berdasarkan Prinsip Kerja Mesin Bubut. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya .

Rizaldi, T., 2006. Mesin Peralatan. USU Press, Medan.

Robert L. Mott., (2009). Elemen-Elemen Mesin dalam Perancangan Mesin. Edisi ke-1.

Sularso dan Kiyokatsu Suga. (1993). Dasar Perencanaan dan Pemilihan ElemenMesin, Jakarta : PT. Pradnya Paramitha.

Surdia Tata, (1992). Pengetahuan Bahan Teknik. Jakarta: PT. Pradnya Paramitha.

Verheij, E.W.M. dan R.E. Coronel (eds.).1997. Sumber Daya Nabati Asia Tenggara 2: Buah-buahan yang dapat dimakan.

PROSEA – Gramedia. Jakarta. ISBN 979- 511-672-2.

Miftahol Arifin dan. Priyo Heru A. (2005). Rancang Bangun Mesin Pengupas Kulit Dan Pemotong Hati Nanas Semi Otomatis. JRM. Volume 02 Nomor: 03.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.