PENGUJIAN KEKUATAN BENDING KOMPOSIT SERAT KAYU MAHONI TANPA PENGARUH ALKALI

Deny Haryanto Sibarani, M. Rafiq Yanhar

Abstract


Kayu merupakan bahan mentah yangsudah dimanfaatkan sejak masa lampau olehmanusia. kayu adalah salah satu hasil alamyang melimpah di Indonesia. Kayu sebagaibahan alami, akan mengalami proses daurulang alami setelah menunaikan fungsinya,dan terdegradasi menjadi unsur-unsurdasarnya. Adapun kayu yang dimaksud salah satunya yaitu kayu mahoni dimana salah satu jenis kayu yang tak asing lagi di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui kekuatan bending dari resin polyester berpenguat serbuk gergaji batang kayu mahoni yang diperoleh melalui uji bending (ukuran spesimen). Pembuatan komposit dilakukan dengan variasi komposisi fraksi volume serbuk kayu dan resin polyester yang berbeda dengan perbandingan 10% serat dan 90% resin polyester, 30% serat dan 70% resin polyester, 50% serat dan 50% resin polyester dengan menggunakan serbuk kayu berukuran 30 (mesh). 30% serat dan 70% resin polyester dengan menggunakan mesh 30,50, dan 80. Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah pengujian bending ASTM E23. Dari hasil pengujian impact percobaan pertama dengan fraksi volume 10% serat dan 90% resin polyester menggunakan mesh 30 diperoleh nilai rata-rata tertinggi pada kekuatan lentur 34,98 Mpa dan Modulus elastisitas tertinggi dengan nilai 21,5543 Mpa. Hasil pengujian percobaan kedua dengan fraksi volume 30% serat dan 70% resin polyester menggunakan mesh 30 diperoleh nilai rata-rata paling tinggi kekuatan lentur 31,29 Mpa.


Keywords


Partikel Kayu; Komposit; Resin Polyester; Uji bending.

Full Text:

PDF

References


Andi krisdianto, 2019 Karakteristik Komposit Serbuk Kayu Jati Dengan Fraksi Volume 25%, 30%, 35% Terhadap Uji Bending, Uji Tarik Dan Daya Serap Bunyi Untuk Dinding Peredam Suara, Tugas Akhir, Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Christanto, Stanislaus Wahyu, 2011 Sifat Fisis Dan Mekanis Komposit Partikel Arang Serbuk Gergaji Kayu Mahoni Dengan Variasi Sekrap Alumunium, Perpustakaan Universita Sanata Dharma, Yogyakarta.

Firmansyah, 2020 Juni 11 Bending Test, Diambil kembali dari firmansyah:detech.co.id/bending-test/, Artikel Firmansyah, Tangerang.

Hendriawan, 2016 Komposit Matriks Keramik (Ceramic Matrix Composites - CMC), Jurnal Hendriawan, Bandung.

Nugroho, G.Estu, 2017 Karakteristik Komposit Berpenguat Serat Tanda Kosong Kelapa Sawit Menggunakan NaOH Dengan Fraksi Volume Serat 4%, 6% dan 8%, Tugas Akhir, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Setyawati, D, 2012 Komposit Serbuk Kayu Plastik Daur Ulang : Teknologi Alternatif Pemanfaatan Limbah Kayu Dan Plastik, Makalah Falsafah Sains, Bogor.

123dok.com.,2022Maret14 Https://Test-Id.123Dok.com/Document/7q0202oxy-Pengertian-Serbuk-Gergaji-Kayu.Html, 123Dok,Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Deny Haryanto Sibarani, M. Rafiq Yanhar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.