PENGARUH KECEPATAN POTONG TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN PADA PEMBUBUTAN KERING BAJA KARBON EMS 45 MENGGUNAKAN PAHAT KARBIDA BERLAPIS TiAIN

Fauzan Ahmad Hadi Nasution, Abdul Haris Nasution, Suhardi Napid

Abstract


Kekasaran permukan merupakan salah satu parameter yang digunakan untuk menilai kualitas hasil permesinan.Kekasaran benda kerja termesin merupakan salah satu parameter yang sangat penting dalam pemesinan logam, karna hal ini beraitan dengan gesekan, keausan, sistem pelumasan dan lainnya setiap benda kerja. Pada penulisan ini akan dilakukan pengukuran kekasaran permukaan akibat kecepatan potong yang berbeda-beda, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecepatan potong terhadap kekasaran permukaan hasil pemesinan baja EMS 45 menggunakan pahat karbida berlapis TiAIN. Dari hasil pengukuran diperoleh hasil kekasaran permukaan terhalus = 1.892 µm pada Cs = 50 m/menit dan permukaan terkasar = 2.428 µm pada Cs 10 m/menit.


Keywords


Pembubutan; Kecepatan potong terhadap kekasaran permukaan baja EMS 45

Full Text:

PDF

References


Probi Magitemmy, J.D, 2018. “Pengaruh Variasi Pendinginan Terhadap Baja S45C Pada Uji Mikrostruktur dan Kekerasan Dengan Media Oli SAE20 dan Air”. Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Sukoco, D.H, 2001. “Sifat Fisis dan Mekanis Baja EMS 45 Terhadap Perlakuan Panas”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Tedy, Muhamad, 2016. “Metodologi Penelitian Mesin Bubut”. Makalah.

Widiyatmoko, bayu, 2011. “Rekondisi Mesin Bubut Sanwa C0632A”. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Terhadap Kekasaran Permukaan Baja SS 316L Pada Proses Bubut”. TEKNIKA: Jurnal Ilmiah, [S.I.], vol. 4, No.2, p.186-187.

Prasetyo Bagus, Aji, 2019. “Proses Manufaktur Mata Pahat”. Diakses pada 5 Mei 2022.

Sunarto, Sri Mawarni, 2017. “Studi Pahat Karbida Berlapis (TiAIN/TiN) Pada Pembubutan Kering Kecepatan Potong Tinggi Bahan Paduan Aluminium 6061” Inovtek Polbeng: Jurnal, [S.I.], Vol.07, No.2, p. 225.

Yusronulhaq, Fadlan, 2017. “Studi AUS Pahat Karbida CVD Berlapis (Al2O3/TiCN) Pada Permesinan Keras Baja AISI 4340”. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Rahmdani, Rizky, 2018. “Analisis Kekerasan Permukaan dan Kebulatan Pada Permesinan Drill Paduan Magnesium Menggunakan Metode Taguchi”. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Febrianto, Adi, 2019. “Pengaruh Besar Arus, Wire Speed, dan Intern Pulse Terhadap Kekasaran Pemukaan Pada Proses Wire-Edm”. Skripsi. Kabupaten Jember: Universitas Jember.

Bondan Bhaskara, Aditya, 2020. “Elemen Mesin 1, Poros”. Makalah.

Choirul Azhar, Muhamad, 2014. “Analisa Kekasaran Permukaan Benda Kerja dengan Variasi Jenis Material dan Pahat Potong”. Skripsi. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Setia Andrianto, Dedy, 2019. “Pengaruh Radius Insert (rε) dan Kedalaman Sayat (a) Terhadap Besar Perubahan Kekasaran Permukaan Material S45C Pada Proses Bubut CNC”. Thesis. Surabaya: Universitas 17 Agustus 1945.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fauzan Ahmad Hadi Nasution, Abdul Haris Nasution, Suhardi Napid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.