PENGARUH KECEPATAN POTONG TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN PADA PEMBUBUTAN KERING BAJA ST60 MENGGUNAKAN PAHAT KARBIDA BERLAPIS (TIALN)

Deni Setiawan

Abstract


Proses pembubutan adalah salah satu proses permesinan untuk memproduksi komponen-komponen mesin. Cara kerjanya dengan cara menyayat benda kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perbedaan tingkat kekasaran permukaan benda kerja hasil pembubutan pada variasi kecepatan potong mesin yang berbeda. Variabel yang digunakan adalah: diameter benda kerja yang berbeda dan putaran mesin yang berbeda. Berdasarkan hasil analisa yang di peroleh yaitu kecepatan potong berpengaruh terhadap hasil permukaan speciment.Penelitian ini menggunakan proses eksperimen. Benda uji yang digunakan adalah baja ST60 dibentuk bertingkat-tingkat agar mempermudah pada proses pengujian kekasaran. Kekasaran permukaan di ukur dengan menggunakan alat uji Mitutoyo V2.00 hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil kekasaran semakin meningkat seiring kenaikan laju pemotongan,kekasaran yang paling kecil adalah ketika menggunakan kecepatan potong (300 m/min) dengan nilai kekasaran (1.422 µm) dan nilai kekasaran paling tinggi adalah ketika menggunakan kecepatan potong (10 m/min) dengan nilai kekasaran (2.178 µm ) Penelitian ini menunjukkan bahwa kecepatan potong sangatlah berpengaruh terhadap nilai kekasaran.


Keywords


Proses Bubut; Kekasaran Permukaan; Baja ST60; Laju Pemotongan

Full Text:

PDF

References


Ardhiyanto, K. B. (2018). "Kekerasan dan Komposisi Kimia'' Teknik Mesin Perkapalan , Vol.6 No.4.Baja ST60".

Furqoni, M. R. (2022). "Jenis Pahat Bubut''. Jurnal Teknik .

Sunarto, Mawarni Sri (2017). "Studi Pahat Karbida Berlapis (TiAIN/Tin) Pada Pembubutan Kering Kecepatan Potong Tinggi Bahan Paduan Alumunium 6061". Jurnal Inovtek Polbeng, Vol. 07 No. 3, Riau.

Ibrahim, G. A. (2012). "Pretasi Pahat Karbida Berlapis". Vol. 3 No. 6

Taufik Rochim. (1993). "Teori dan Teknologi Proses Permesinan". Proyek HEDS, ITB Bandung.

Jaya Dian (2021). "Jenis-jenis Pahat Beserta Urutan Kekuatannya".

Musyafa, M. F. (2019). "Analisis Pembubutan Rata ST37, ST60 dan Material ST41 Terhadap Mata Pahat Karbida". Tegal.

Wiratama Erick. (2021). "Analisis Pengaruh Kecepatan Potong Terhadap Laju Pengerjaan Material Pada Proses Pembubutan". Sungailiat.

Muhyi, M. A. (2019). "Pengaruh Kecepatan Potong Terhadap Hasil Pembubutan Bertingkat ST41 Mesin Bubut Konvensional". Tegal.

Gustaman. (2015). "Otomatisasi Mesin Bubut Konvensional Celtic 14 NBC Menggunakan Kendali CNC GSK 928 TE II". Vol. 20 No. 1.

Djamin Sofyan, DKK. (2021) "Variasi Kecepatan Pemotongan Proses Pembubutan Baja AISI 4140 Terhadap Keausan dan Umur Mata Pahat Karbida". Vol. 17 No. 1. Tarumanagara.

Jufrika. (2016). "Kelebihan dan Kekurangan Mesin Bubut Konvensional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Deni Setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.