PENGARUH TEMPERATUR PAHAT HSS TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN BENDA KERJA BAJA ST 41 PADA PROSES PEMBUBUTAN

Reynaldi Hilman

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui apakah perbedaan kecepatan potong berpengaruh secara signifikan terhadap temperatur pahat HSS proses pembubutan terhadap kekasaran permukaan benda kerja baja ST 41 setara dengan baja S 40 C (JIS, G4051). Untuk mengetahui hal tersebut dilakukan pengujian temperatur pahat pada proses bubut dan pengujian kekasaran permukaan dengan menggunakan putaran yang berbeda, kedalaman potong dan gerak makan konstan.

               Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan bertambahnya kecepatan potong pada proses pembubutan, maka temperatur pahat HSS bohler 1/2 ̋  1/2 ̋ 4 ̋ akan meningkat dan kekasaran permukaan akan meningkat, hasil dari penelitian kecepatan potong yang rendah Cs: 12 m/min maka temperatur pahatnya 36,1 oC dan kekasaran permukaan (Rā) halusnya 0,856 µm, kecepatan potong yang tinggi  Cs: 59 m/min maka temperatur pahatnya 65,8 oC dan kekasaran permukaannya (Rā) kasarnya : 2.555 µm. 

 


Keywords


Kecepatan Potong; Temperatur Pahat; Kekasaran Permukaan; Baja St41

Full Text:

PDF

References


Rochim,Taufiq. 1993, Teori dan Teknologi Pemesinan, Laboratorium Teknik produksi, FTI, Institut Teknologi Bandung.

(sumber: Diniv Mu’afax,dkk).

Munaidi, S. 1998. Dasar-Dasar Metrologi Industri. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Rochim, T. 2001. “Spesifikasi, Metrologi Dan Kontrol Kualitas Geometri” Itb:Bandung.

Gustaman 1a. 2015. Otomatisasi Mesin Bubut Konvensional Celtic 14 Nbc Menggunakan Kendali Cnc Gsk 928 Te li. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa Volume 20.

Suhartonoa, R. 2016. Geometri Pahat Bubut Hss Pada Proses Membubut. Jurnal Ppkm I , 45-48.

Prakoso, I. 2014. Analisa Pengaruh Kecepatan Feeding Terhadap Kekasaran Permukaan Draw Bar Mesin Milling Aciera Dengan Proses Cnc Turning. Jtm Vol.03.

Arifin, S. 1993, Alat Ukur Dan Mesin Perkakas. Ghalia Indonesia, Jakarta

Mustafik, R. 2020. Pengaruh Kecepatan Pemakanan Dan Kecepatan Potong Terhadap Tingkat Kekasaran Permukaan Baja Vcn 150 proses Cnc Turning. Universitas Negeri Semarang : Semarang.

Ramdayat Deskara. 2021, Pengaruh Feeding Terhadap Kekasaran Permukaan Baja S45C Pada Proses Pembubutan CNC Dengan Menggunakan Pahat Karbida Berlapis Tungaloy. Universitas Islam Sumatera Utara : Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Reynaldi Hilman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.