ANALISA TINGKAT RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA BAGIAN FOUNDRY DI PTPN IV UNIT PABRIK MESIN TENERADOLOK ILIR

Juarni Juarni, Derlini Derlini, Boma Wardhana Hutabarat

Abstract


Pabrik Mesin Tenera (PMT) adalah salah satu usaha milik PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero) yang bergerak dalam bidang rekayasa, rancang bangun serta manufaktur peralatan dan komponen mesin yang berfungsi sebagai workshop dan supporting pabrik-pabrik kelapa sawit dan teh, baik dilingkungan PT. Perkebunan Nusantara maupun di luar lingkungan (perusahaan swasta). Di perusahaan ini ditemukan potensi bahaya yang besar pada bagian foundry, yaitu penggunaan APD masih sangat minim, adanya potensi bahaya kebakaran, pencemaran udara oleh zat kimia hasil peleburan logam, dan pencemaran udara oleh serpihan debu hasil  dari pekerjaan yang dapat menyebabkan gangguan pernafasan, tentunya hal tersebut akan menimbulkan risiko tinggi terjadinya kecelakaan kerja yang dapat mendatangkan kerugian dan menghambat produktifitas perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui tingkat risiko kecelakaan kerja pada bagian foundry dan menemukan upaya pengendalian risiko kecelakaan kerja pada bagian Foundry di PTPN IV Unit Pabrik Mesin Tenera Dolok Ilir dan menyusun dokumen HIRARC. Dari hasil pengolahan data, setelah dilakukan pengklasifikasian dan prioritas risiko maka diketahui tingkat risiko dari yang tertinggi sampai dengan terendah pada bagian foundry. Terdapat 52 jenis bahaya dengan pengklasifikasian tingkat risiko “Extreme Risk” terdapat pada 10 jenis bahaya, tingkat risiko “High Risk” terdapat  pada 22 jenis bahaya, tingkat risiko “Moderate Risk” terdapat pada 13 jenis bahaya, tingkat risiko “Low Risk” ditemukan pada 6 jenis bahaya. Sumber bahaya, jenis bahaya, risiko dan upaya pengendalian risiko pada bagian foundry disajikan dalam tabel penilaian HIRARC.

Full Text:

PDF

References


Febriana Yustitia 2010, Identifikasi Bahaya dan Penilaian Resiko Pada Proses Kerja Di Area Washing Ut Reman Jakarta Pt. United Tractors Tbk, Surakarta.

Ramli Soehatman, 2010, Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja- OHSAS 18001. (Jakarta : PT. Dian Rakyat).

Shandy Irawan, et al., 2015, Penyusunan Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control (HIRARC) di PT. X. (Jurnal Titra, Vol. 3, No 1. Januari).

Socrates Muhammad Fil, 2013, Analisis Risiko Keselamatan Kerja Dengan Metode HIRARC (Hazard Identification, Risk Assessment And Risk Control) Pada Alat Suspension Preheater Bagian Produksi Di Plant 6 Dan 11 Field Citeureup Pt Indocement Tunggal Prakarsa, Jakarta.

Sucipto Cecep Dani. Keselamatan dan Kesehatan Kerja. (Yogyakarta : Penerbit Gosyen Publishing, 2014).

Suma’mur. Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (HIPERKES). (Jakarta : Penerbit CV Sagung Seto, 2013).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Juarni Juarni, Derlini Derlini, Boma Wardhana Hutabarat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License