PERANCANGAN SISTEM PENGONTROLAN TEGANGAN PADA PLTB MENGGUNAKAN POTENSIO DC

Rimbawati Rimbawati, Nur Ardiansyah, Noorly Evalina

Abstract


Sumber energi terbarukan saat ini sudah tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari. Seiring berkembangnya teknologi modern banyak para ilmuan menciptakan sumber energi listrik. Sepeerti halnya dengan pembangkit listrik tenaga bayu atau disebut dengan istilah PLTB. PLTB ini sendiri memanfaatkan sumber energi angin untuk dapat menghasilkan listrik. Sumber listrik yang dihasilkn dari PLTB ini berupa tegangan DC. Sumber tegangan yang dihasilkan oleh generator dari turbin angin tidaklah stabil. Karena tegangan yang dihasilkan tergantung kecepatan angin yang ada. Agar dapat menghasilkan tegangan yang stabil penelitian ini akan membahas  bagaimana tegangan yang dihasilkan oleh generrator PLTB dapat stabil. Oleh karena itu pada penelitian ini bertujuan untuk menstabilkan tegangan yang dihasilkan oleh generator pada prototype PLTB. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan maka disimpulkan bahwa sudut sudu 20º menghasilkan tegangan tertinggi dari genarator sebesar 3,97 volt dan tegangan pada XL 6009 sebesar 12,91 volt  pada kecepatan angin 4 m/s. Sedangkan tegangan terendah yaitu 0,63volt  pada generator dan 0,60 volt pada XL6009 pada kemiringan sudut sudu 45º dengan kecepatan angin 0,8 m/s.


Full Text:

PDF

References


M. R. Robiansyah, 2017, Skala Kecil, vol. 2, no. 2502.

F. Yusivar and L. H. Wilujeng, 2014, Simulasi dan Analisis Sistem Pengatur Tegangan DC Menggunakan Rangkaian Push-Pull Converter, Jnteti, vol. 3, no. 4.

K. Riyadi, S. A. S. Abdulrehiem, and F. A. Samman, 2014, Simulasi Pengaturan Tegangan Konverter Ac / Dc Satu Fasa Dengan Pengujian Pada Beban Variabel, pp. 3–6.

S. D. Prasetyo, 2018, Rancang Bangun Pembangkit Hybrid Tenaga Angin Dan Sel Surya Untuk Penerangan Jalan Raya, Skripsi, pp. 1–13.

M. A. Putra, Tegangan Pada Sisi Output Muclas Ade Putra.

N. A. Hidayatullah, H. Nur, and K. Ningrum, 2016, Optimalisasi Daya Pembangkit Listrik Tenaga Angin Turbin Sumbu Horizontal dengan Menggunakan Metode Maximum Power Point Tracker, J. Electr. Electron. Control Automot. Eng. JEECAE, vol. 1, no. 1, pp. 7–12, 2016.

M. Ridwan, G. R. Zulkarnain, A. Pradipta, S. Anam, and M. Ashari, 2017, MPPT Control System Based on Incremental Conductance and Constant Voltage using Coupled Inductor-Capacitor Zeta Converter in hybrid PV- Wind Turbine System, vol. 1, no. 2, pp. 1–5.

Suprihardi, 2016, Karakter AVR Sebagai Penstabil Tegangan Aplikasi pada Generators Sinkron, J. LITEK, vol. 13, no. 1, pp. 8–12.

Http://benergi.com/, Pengertian Energi Angin Beserta Contoh Pemanfaatannya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rimbawati Rimbawati, Nur Ardiansyah, Noorly Evalina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License