PEMANFAATKAN BAHAN BAKAR SAMPAH PLASTIK DENGAN MENGGUNAKAN PEMBANGKIT LISTRIK HOT AIR STIRLING ENGINE

Noorly Evalina, M Khairil Riza, Arfis A, Rimbawaty Rimbawaty

Abstract


Ketersediaan bahan bakar fosil di dunia setiap tahun mengalami kenaikan, sehingga memaksakan kita untuk mencari bahan bakar atau energi alternative pengganti bahan bakar fosil. Salah satu energi alternatifnya adalah pemanfaatan pembakaran sampah plastik sebagai sumber energi listrik. Hot Air Stirling Engine merupakan salah satu media konversi energi alternative perkembangan motor bakar menuju kearah motor bakar yang ramah lingkungan yang menekankan pada pemakaian biaya yang lebih rendah. Ekspansi gas ketika di panaskan dan di ikuti kompresi gas ketika di dinginkan, bahan bakar sampah plastik digunakan sebagai sumber energi kalor yang dikonversikan oleh Hot Air Stirling Engine menjadi energi mekanik dan kemudian dikonversi menjadi energi listrik, hasil output pengujian mulai bergerak  setelah tabung kaca displacer dipanaskan selama 60 detik dan pada 43oC diukur pada silinder displacer yang tidak terkena api pembakaran bahan bakar sampah plastik. Pengujian ini dihitung bertahap selama 30 detik setiap pengukuran dan diakhiri dengan waktu 330 detik.


Full Text:

PDF

References


. P. Nazila, 2016, Unjuk Kerja Mesin Stirling Tipe Gamma Dan Sistem Aliran Air Pada Reservoir Rendah Skripsi Oleh : Intan Putri Nazila.

. F. L. Sahwan, D. H. Martono, And S., 2005, Wahyono, Sistem Pengelolaan Limbah Plastik Di Indonesia, No. 1, Pp. 311–318.

. Syafriyudin, Pembangkit Listrik Tenaga Panas Matahari Berbasis Mesin

. L. Agreement And W. Material, 2006, Stirling Engine Assessment, Vol. 3, No. 3.

. K. Eksperimental And M. Stirling, Kaji Eksperimental Mesin Stirling Tipe Β Menggunakan Variasi Bahan Bakar Biomassa, Vol. 5, Pp. 47–5


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Noorly Evalina, M Khairil Riza, Arfis A, Rimbawaty Rimbawaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License