PEMANFAATAN BETTERCAP SEBAGAI TEKNIK SNIFFING PADA PAKET TRAFIK JARINGAN WIFI

Dian Kurnia

Abstract


Perancangan topologi jaringan yang aman merupakan solusi untuk mengamankan server sebuah instansi. Serangan hacker yang kerap sekali mencari kesempatan untuk mengetahui aktivitas suatu jaringan, dan mencari celah kelemahan yang ada. Teknik dengan kemampuan dalam merecord semua kegiatan paket masuk dan keluar pada suatu data dan mencari intersep yang memungkinkan merecord username dan password ketika host login pada suatu ur, dalam hal ini pada segmen jaringan antara host dan hacker disebut Teknik Sniffing. Pada penelitian ini penulis menggunakan teknik sniffing untuk mengetahui kelemahan dari jaringan wifi dan LAN di Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Dari hasil penelitian beberapa host yang menjadi target sniffing, diketahui mengakses beberapa url sosisal media dan page login url lainnya. Akses username dan password di record ketika aplikasi bettercap melakukan fitur sniffer disetiap hostnya. Ada beberapa host yang dijadikan target hanya akan tetapi username dan password tidak ditemukan oleh bettercap hal ini dikarenakan host yang menjadi target mengaktifkan firewall dan memiliki anti virus security berbayar yang update.


Full Text:

PDF

References


W. Uses, N. Analysis, D. Sniffers, P. A. Sniffers, and N. Analysis, Chapter 1 Introducing Network Analysis.

A. Verma and A. Singh, 2013, An Approach to Detect Packets Using Packet Sniffing, vol. 4, no. 3, pp. 21–33.

P. Studi et al., 2017, Perancangan Dan Analisis Keamanan Jaringan Nirkabel Dari Serangan Ddos (Distributed Denial Of Service ) Berbasis Honeypot, vol. 4, no. 2.

M. F. Adriant, 2015, Implementasi Wireshark Untuk Penyadapan (Sniffing) Paket Data Jaringan, Semin. Nas. Cendekiawan, pp. 224–228.

K. E. Pramudita, 2011, Brute Force Attack dan Penerapannya pada Password Cracking, no. 2011, p. 6.

M. J. Syahputra et al., Deteksi Serangan Pada Jaringan Komputer Dengan Wireshark.

Group, : Linh, Manish, Mario, and Mei, Man-In-The-Middle Attack Using Ettercap.

J. Handoyo, 2918, Kajian Penggunaan Mikrotik Router Ostm Sebagai Router Pada Jaringan Komputer, J. Transform., vol. 9, no. 1, p. 20.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dian Kurnia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License