ANALISA MODAL PADA POROS ENGKOL 4 SILINDER KENDARAAN RINGAN
Abstract
Penelitian ini membahas tentang analisa tegangan pada poros engkol mesin xenia 1300cc 1NR dengan variasi diameter bantalan jalan, penelitian ini dilakukan karena perkembangan transportasi di indonesia sangat pesat salah satunya kendaraan ringan yaitu mobil, teknologi mesin mobil saat ini tidak terlepas dari peran salah satu elemen mesin yaitu poros engkol atau crankshaft menjadi satu komponen utama dalam satu mesin pembakaran 4 tak, oleh karena itu poros engkol menjadi pusat pada setiap gerakan piston. Pada umumnya poros engkol berbahan besi cor harus dapat menampung momen inersia yang dihasilkan oleh gerakan naik turun piston. Sehingga fungsi utama dari poros engkol mengubah gerak putar menjadi gerak naik turun piston untuk menghasilkan sebuah tenaga. Dan adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana menganalisa struktur poros engkol dengan menggunakan program simulasi Ansys dengan variasi diameter bantalan jalan dari ketiga model poros engkol yang di desain. Serta penelitian ini bertujuan untuk mencari total deformasi dan tegangan maksimal dari ketiga model poros engkol yang di desain. Penelitian ini menggunakan metode elemen hingga atau simulasi software Ansys. Adapun sumber data yang digunakan berasal dari jurnal-jurnal dan buku-buku serta situs internet yang membahas tentang analisa modal dan poros engkol. Berdasarkan analisa dan simulasi yang dilakukan diperoleh data bahwa model poros engkol dengan diberi beban 2800N pada poros engkol model ke 3 dengan diameter bantalan jalan 36mm memiliki nilai total deformasi yang paling rendah begitu juga dengan nilai tegangan pada eqivalen stress yang didapat dari pengujian ketiga model poros engkol tersebut dan dapat diartikan nilai total deformasi dan tegangan eqivalen berbanding lurus, dapat disimpulkan bahwa model poros engkol yang berdiameter bantalan jalan paling kecil memiliki perubahan total deformasi dan eqivalen stress paling kecil
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chen, M., Lin, Y. C., Chen, M., & Zhong, J. 2008, Numerical simulation for stress / strain distribution and microstructural evolution in 42CrMo steel during hot upsetting process Numerical simulation for stress / strain distribution and microstructural evolution in 42CrMo steel during hot upsetting proce. Computational Materials Science, 43(4), 1117–1122. https://doi.org/10.1016/j.commatsci.2008.03.010
Deshbhratar, R. J., & Suple, Y. R., 2012, Analysis & Optimization of Crankshaft Using Fem. International Journal of Modern Engineering Research (IJMER), 2(5), 3086–3088.
Jayachandraiah, K. T. B. 2013, Modeling and Analysis of the Crankshaft Using Ansys Software. International Journal of Computational Engineering Research, 03(05), 84–89.
Kareem, B., 2015, Case Studies in Engineering Failure Analysis Evaluation of failures in mechanical crankshafts of automobile based on expert opinion. BiochemicalPharmacology, 3,25–33.
https://doi.org/10.1016/j.csefa.2014.11.001
Klimenda, F., & Soukup, J. 2016, XXI International Polish-Slovak Conference Machine Modeling and Simulations 2016 Modal Analysis of Thin Alumunium Plate Procedia Engineering 177 (2017)11-16 https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877705817306823
Lubis, Sudirman, 2013, Analisa Pengaruh Besar Gesekan Terhadap Tegangan Thermal Sepatu Rem Mobil Penumpang jenis Mini Bus Menggunakan Perangkat Lunak MSC.Nastran. Jurnal Reintek. Vol. 9 (2), 8.
Meng, J., 2011, Finite Element Analysis of 4-Cylinder Diesel Crankshaft, (August), 22–29.
Moaveni, S., & Saeed, 2008, Finite element analysis : theory and application with ANSYS (Third Edit). Pearson Prentice Hall. Retrieved from https://dl.acm.org/citation.cfm?id=1203619
Montazersadgh, F. H., & Fatemi, A., 2007, Dynamic Load and Stress Analysis of a Crankshaft, 1–8.
Niemann, G., 1978, Machine elements ; design and calculation in mechanical engineering (II). New York: Berlin : Springer-Verlag. Retrieved from
Park, H., & Dang, X., 2013, Forty Sixth CIRP Conference on Manufacturing Systems 2013 A study on the heating process for forging of an automotive crankshaft in terms of energy efficiency. Procedia CIRP, 7, 646–651
Rohman, S. A., Okariawan, I. D. K., & Zainuri, A., 2012, Analisis Variasi Jarak Sumbu Poros Terhadap Tegangan Kontak Dan Tegangan Bending Pada Helical Gear Pair Berdasarkan Metode Elemen Hingga. Dinamika Teknik Mesin, 2(2), 84–91. Retrieved from
https://media.neliti.com/media/publications/69189-ID-analisis-variasi-jarak- sumbu-poros-terha.pdf
Spotts, M. F., Terry E. Shoup, & Hornberger, L. E., 2004, Design of Machine Elements (Eighth Edi). New Delhi: Pearson Education. Retrieved from
https://www.pearson.com/us/higher-educati-on/program/Spotts-Design-of- Machine-Elements-8th-Edition/PGM278115.html? tab=overvie
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Sudirman Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)
Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217
Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id
Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License