STUDY PERBANDING BIAYA PEMESINAN PADA PROSES DRILLING MENGGUNAKAN PAHAT HSS DAN KARBIDA

Sobron Lubis, Steven Darmawan, Alifya Putri Askolani, Silvi Ariyanti

Abstract


Pada proses pembuatan suatu produk, terdapat  beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, seperti perhitungan waktu pemesinan, umur pahat serta biaya produksi.  Waktu pemesinan memberi pengaruh terhadap perhitungan biaya pemesinan.Perbedaan parameter potong merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi waktu pemesinan serta tingkat kecepatan keausan mata pahat. Semakin mata pahat cepat mengalami keausan maka mata pahat tersebut akan mengalami penggantian sehingga biaya pada mata pahat akan semakin tinggi, dan juga mempengaruhi biaya produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbanding biaya produksi pada proses drilling dengan menggunakan dua jenis mata pahat yaitu HSS dan Karbida. Penelitian dilakukan dengan melakukan variasi parameter pemotongan dan pengamatan keausan yang terjadi pada kedua mata pahat dan mengukur waktu pemotongan yang dicapai, kemudian melakukan perhitungan biaya produksi dengan menggunakan persamaan biaya permesinan.Dari hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa perbedaan parameter pemotongan sangat mempengaruhi waktu pemesinan serta biaya produksi. Pada jenis pahat HSS 1 sampai HSS 3 waktu pemesinan yang didapat 114,17 menit dengan biaya produksi Rp. 844.900, 103,36 menit dengan biaya produksi Rp. 935.200, 95,87 menit dengan biaya produksi Rp. 1.033.900 dan pada jenis pahat karbida 1 sampai karbida 3 waktu pemesinan yang diperoleh 109,18 menit dengan biaya produksi Rp. 1.052.900, 93,33 menit dengan biaya produksi Rp. 1.105.000, 80,8 menit dengan biaya produksi Rp. 1.169.500.


Keywords


Proses drilling; parameter pemesinan; biaya pemesinan

Full Text:

PDF

References


. Christian Aidy Mosey., Rudy Poeng. dan Johan C. Neyland, “Perhitungan waktu dan biaya Pada proses pemesinan benda uji tarik”, Jurnal Online Poros Teknik Mesin, Vol 4 Nomor 1, pp. 1-12.

. Groover, Mikell P., 2010, Fundamentals of Modern Manufacturing: Materials, Processes and Systems, 4th ed.

. Widarto, dkk. 2008, Teknik Pemesinan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

. Krar, 1997. Definisi dari Kecepatan Potong, Gerak Makan, dan kedalaman Potong.

. Azwinur, “Analisa Perhitungan Waktu dan Biaya Produksi pada Proses Drilling, “Jurnal Teknik Mesin Politeknik Negeri Lhokseumawe, Vol.. II, No II, Oktober 2015, (01-06).

. Rochim Taufiq, 1993, Teori dan Teknologi Proses Pemesinan, ITB, Bandung.

. Rochim, T. 2002. Optimisasi Proses Pemesinan, Laboratorium Teknik Produksi Mesin Institut Teknologi Bandung.

. Hendri Budiman dan Richard. 2007, Analisis Umur dan Keausan Pahat Karbida untuk Membubut Baja Paduan (ASSAB 760) dengan Metoda Variable Speed Machining Test, Universitas Bung Hatta, Padang.

. Rendy Chandhika, 2010. Prediksi Temperatur Pahat Pada Proses Penggurdian (Drilling) Baja AISI 1045 Dengan Menggunakan Metode Simulasi Berbasis Metode Elemen Hingga. Fakultas Teknik Jurusan Teknik Mesin Universitas Lampung. Bandar Lampung.

. Kalpakjian Serope, Steven R. Schmid.1989, Manufacturing Engineering & Technology. Edisi ke-6. New Jersey: Prentice Hall.

. Tschatsch, H. 2009. Applied Machining Technology. Edisi ke-8. Springer. New York. USA.

. Surdia, T., Saito, S., 1985, Pengetahuan Bahan Teknik, Cetakan Ke-3, PT. Padnya Paramita, Jakarta.

. https://www.ssroundbar.com/roundbar-rodbar/carbonsteel-roundbar-carbonsteel-rodbar/rodbar-type-s45c-carbonsteel-roundbar/

. Lubis, S., Darmawan, S., & Indra, B. 2020, July). Tool Wear Analysis of Coated Carbide Tools on Cutting Force in Machining Process of AISI 4140 Steel. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 852, No. 1, p. 012083). IOP Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sobron Lubis, Steven Darmawan, Alifya Putri Askolani, Silvi Ariyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License