PERANCANGAN PROTOTYPE CETAKAN CUTTING TOOL INSERT BENTUK RHOMBIC

Ardy Pratama, M. Sobron Y. Lubis, Rosehan Rosehan

Abstract


Seiring perkembangan zaman, terjadi perkembangan dalam berbagai bidang kehidupan, salah satunya adalah pada bidang industry manufaktur. Salah satu bidang yang berkembang pada industry manufaktur adalah pada proses pemotongan yang mana pada masa ini sudah dilakukan dengan menggunakan mesin potong. Pada mesin potong bagian yang berperan penting untuk memotong material dalah mata pahat, bentuk dan ukuran dari mata pahat pun berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan, salah satunya adalah mata pahat berbentuk persegi. Proses pembuatan mata pahat ini pun berbeda-beda, bergantung pada jenis bahan yang digunakan, salah satu bahan mata pahat adalah keramik, untuk pembentukan mata keramik memerlukan cetakan.Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendesain mold mata pahat. Metode yang dilakukan melalui perhitungan dan pembuatan design dengan menggunakan software Autodesk fusion 360. Bentuk cetakan yang di desain yaitu bentuk persegi empat. Bagian-bagian cetakan terdiri dari anvil, mold dan punch. Untuk proses pembentukan keramik diperlukan bahan serbuk keramik alumina seberat 5 gr. Dari hasil perancangan diperoleh gambar desin mold yang terdiri dari anvil, mold dan punch. Dan bahan yang digunakan adalah jenis tool steel.


Keywords


Anvil; Mold; Punch; Mata Pahat

Full Text:

PDF

References


Peter Jones. (2008). The Mould Design Guide.

Serope Kalpakjian, Steven R. Schmid. 2009. Manufacturing Engineering and Technology.

Ferdinand P. Beer, E. Russel Johnston, Jr., John T. Dewolf, David F. Mazurek. 2012. Mechanic Of Materials.

Badruzzaman, Dedi Suwandi. Optimasi Cutting Tool Carbide pada Turning Machine dengan Geometry Single-Point Tool pada High Speed.

Sobron Yamin Lubis, Rosehan, Denny Handoko, Wahyudi Komala. Analisa Perhitungan Biaya Pembubutan Baja AISI 4340 Menggunakan Pahat Keramik.

Mohammad Nasrun, Sujianto Sujianto. 2020. Pembuatan dan Pengujian Sifat Fisis dan Mekanik Keramik Alumina sebagai Komponen Mekanik.

Hajar Isworo. 2018. Mekanika Kekuatan Material I.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ardy Pratama, M. Sobron Y. Lubis, Rosehan Rosehan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License