ANALISIS KEAUSAN KAMPAS REM PADA DISC BRAKE DENGAN VARIASI KECEPATAN

Daniel A. Manullang, Muhammad Idris, Fadly A. Kurniawan Nasution

Abstract


Hasil penelitian uji keausan menunjukan bahwa harga koefisien pada 100 N (10 menit no original).1,304.0,649.0,433.(10 menit original).1,324.0,66.0,38 hasil penelitian uji kehusan menunjukan bahwa harga koefisien pada 200 N (20 menit non original).0,845.0,421. 0,277.(20 menit original).0,859.0,427.0,28 hasil penelitian uji keausan menunjukan bahwa harga koefisien pada 300 N (30 menit non original).0,634.0,315.0,208.(30 menit original).0,644.0,320.0,21. Hasil volume keausan Kampas rem Non Original 40,150 mm3 dan Original 42,900 mm3.Hasil laju keausan Kampas Rem Non Original dengan kecepatan 100 N,200 N,300 N,dengan waktu 10,20,30 menit. Hasil laju kehausan 720,9872.158,9509.59, 6751.715, 3781.157, 8554.712, 2690, 154,4836, 57,7690 gram/mm2.jam Hasil laju keausan kampas rem Original 100 N,200 N,300 N, dengan kecepatan 10, 20, 30 menit. 743,6418.164, 26,8.61, 5563. 738,8345.162,7036.61,2218. 740,6127.163,3690,59,8909 gram/mm2.jam


Keywords


Kampas Rem; Volume Keausan; Koefisien Keausan; Laju Keausan

Full Text:

PDF

References


. Pratama. Analisa Sifat Mekanik Komposit Bahan Kampas Rem Dengan Penguat Fly Ash Batubara. Univ Hasanuddin Makassar. Published online 2011:1-54.

. Purboputro PI. Pengembangan Ketahanan Keausan Pada Bahan Kampas Rem Sepeda Motor Dari Komposit Bonggol Jagung. Media Mesin Maj Tek Mesin. 2016;15(1):41-48. doi:10.23917/mesin.v15i1.2299

. Luby. Perancangan Kampas Rem Beralur dalam Usaha Meningkatkan Kinerja serta Umur dari Kampas Rem. J Tek Mesin. 2001;1.22.

. Sabri M, Annisa N. Studi Eksperimental Performa Kampas Rem Serbuk Tebu dengan Menggunakan Motor Satria Fu 150. Talent Conf Ser Energy Eng. 2018;1(2):162-170. doi:10.32734/ee.v1i2.246.

. Intang A. Studi Pengaruh Tekanan Pengereman Dan Kecepatan Putar Roda Terhadap Parameter Pengereman Pada Rem Cakram Dengan Berbasis Variasi Kanvas. Tek Mesin Untirta. 2016;II(JurusanTeknik Mesin. Fakultas Teknik, Universitas Tamansiswa Palembang):9-19.

. Soebiyakto G. Pengaruh Jenis Kanvas Rem Dan Pembebanan Pedal Terhadap Putaran Output Roda Dan Laju Keausan Kanvas Rem Pada Sepeda Motor.

. Adi Atmika IK, Ary Subagia I, Wayan Nata IS, Made Parwata I, Made Dwi Budiana I. Karakteristik Keausan Kampas Rem Berbasis Hybrid Komposit Epoxy-Serbuk Basalt. Published online 2015.

. Porwanto DA, Johar L. Karakterisasi komposit berpenguat serat bambu dan serat gelas sebagai alternatif bahan baku industri. J Tek Fis ITS. Published online 2008:1-16.

. Dwiyati ST, Kholil A, Jurusan FW, Mesin T, Teknik F, Jakarta UN. Pengaruh Penambahan Karbon Pada Karakteristik Kampas Rem Komposit Serbuk Kayu. Konversi Energi dan Manufaktur UNJ. 2017;2(2):108-114.

. Darmawan D. No Title No Title.J Chem Inf Model. 2019;53 (9): 1689-1699. doi:10.1017/ CBO978110741532 4.004

. Ahmad T, Darmanto D, Imam S. Analisis Keausan Kampas Rem Pada Disc Brake Dengan Variasi Kecepatan. J Ilm Momentum. 2018;14 (1): 78-83. doi:10.36499/jim.v14i1.2182


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Daniel A. Manullang, Muhammad Idris, Fadly A. Kurniawan Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License