ANALISA ERGONOMI ALAT TENUN DENGAN METODE QUICK EXPOSURE CHECKLISTDI PABRIK PAULINA TEXTILE KOTA PADANGSIDIMPUAN

Suliawati Suliawati, Tri Hernawati, Tiara Anggriani Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa tingkat resiko ergonomi yang terjadi akibat yang di timbulkan dari alat tenun bukan mesin (ATBM) yang digunakan, dengan menggunakan metode Quick Exposure Checklist (QEC). Dalam penelitian ini analisis yang dilakukan yaitu pada bagian anggota tubuh seperti, punggung (statis), punggung (bergerak), Bahu / lengan, pergelangan tangan, dan leher. Hasil analisis ergonomi dengan mengunakan metode Quick Exposure Checklist (QEC) menunjukan hasil yang di dapat dari nilai Exposure Score pada punggung kategori tinggi yaitu 34, pada bagian bahu/ lengan kategori tinggi yaitu rata – rata 33, pergelangan tangan kategori tinggi yaitu 36 dan leher memiliki kategori sangat tinggi yaitu 16, artinya pada saat menenun, ke-empat anggota tubuh ini memiliki tingkat resiko cedera yang tinggi. Nilai Exposure level berada diantara 50% sampai 69%. Lebih tepatnya nilai rata – rata pekerja saat menenun menggunakan ATBM adalah sebesar 67,4%. Hal ini menunjukan perlu penelitian lebih lanjut dan dilakukan perubahan pada alat tenun yang digunakan di Pabrik Tenun Paulina Textile.


Keywords


Ergonomi; Alat Tenun; Quick Exposure Checklist; Textile

Full Text:

PDF

References


Andriani, Meri., Subhan. 2016. Perancangan Peralatan Secara Ergonomi Untuk Meminimalkan Kelelahan Di Pabrik Kerupuk.Jakarta: UMJ. Diambil dari: https://jurnal.umj.ac.id pada tanggal 16 Oktober 2021 pada jam 13.00 WIB.

Anies. 2005. Penyakit Akibat Kerja. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Anggawisastra, R., Sutalaksana, I. Z, dan Tjakraatmadja, J. H. 2006.Teknik Tata Cara Kerja. Departemen Teknik Industri ITB : Bandung.

David, Geoffrey., at all. 2005. Further Development of the Usability and Validity of the Quick Exposure Check (QEC). United Kingdom: HSE.

Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Padangsidimpuan. 2021. Produk Unggulan Daerah Kota Padangsidimpuan. Padangsidimpuan: Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Padangsidimpuan.

Ilman, Ahmad., Dkk. 2013. Rancangan Perbaikan Sistem Kerja dengan Metode Quick Exposure Check (QEC) di Bengkel Sepatu X di Cibaduyut. Bandung: Itenas. Diambil dari: https://itenas.ac.idpada tanggal 10 Oktober 2021 pada jam 20.00 WIB.

Intani T, Ria. 2010. Tenun Gedogan Dermayon. Bandung: Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Bandung. Diambil dari: https://media.neliti.com pada tanggal 14 Oktober 2021 pada jam 20.37 WIB.

Kubangun, Hamdani. 2010. Analisis Ergonomi Pada Proses Mesin Tenun Dengan Pendekatan Subjektifitas Pada Pt Industri Sandang Nusantara Unit Makateks Makassar. Maluku: Universitas Iqra Baru. Diambil dari: https://www.neliti.com pada tanggal 16 Oktober 2021 pada jam 19.24 WIB.

Li, Guangyan., Peter Buckle. 1999. Evaluating Change in Exposure to Risk for Musculoskeletal Disorders – a Practical Tool. United Kingdom: HSE.

Mufti, Dessi., Dkk. 2013. Kajian Postur Kerja Pada Pengrajin Tenun Songket Pandai Sikek Jurnal Ilmu Teknik Industri,Vol. 12, No. 1, Juni 2013. Padang: Universitas Bung Hatta. Diambil dari: https://journals.ums.ac.id pada tanggal 16 Oktober 2021 pada jam 13.13 WIB.

Rizqiansyah, Moch. Zulfiqar Afifuddin., Dkk. 2017.Hubungan Antara Beban Kerja Fisik dan Beban Kerja Mental Berbasis Ergonomi Terhadap Tingkat Kejenuhan Kerja Pada Karyawan PT Jasa Marga (PERSERO) Tbk Cabang Surabaya,Jurnal Sains Psikologi Jilid 6, Nomor 1, Maret 2017, hlm 37-42. Malang: Universitas Negeri Malang. Diambil dari: https://media.neliti.com pada tanggal 9 Oktober 2021 pada jam 14.23 WIB.

Stanton, Neville., at all. 2005. Handbook of Human Factors and Ergonomics Methods. Washington DC: CRC Press

Sulaiman, Fahmi., Dkk. 2016. Analisis Postur Kerja Pekerja Proses Pengesahan Batu Akik Dengan Menggunakan Metode REBA, Jurnal Teknovasi Vol 3 No 1, 2016. Medan: Politeknik LP3I Medan. Diambil dari: https://media.neliti.com pada tanggal 15 Oktober 2021 pada jam 11.30 WIB.

Wartiono, Totok., Dkk. 2015. Rancang Bangun Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) Dengan Pengendali PLC Sebagai Alat Tenun Mekatronika.Sukoharjo: Akademi Teknologi Warga Surakarta. Diambil dari: https://jurnal.animus.ac.id pada tanggal 9 Oktober 2021 pada jam 13.30 WIB.

Widyarti, Yustina. 2016. Skripsi Analisis Risiko Postur Kerja Dengan Metode Quick Exposure Checklist (QEC) Dan Pendekatan Fisiologi Pada Proses Pembuatan Tahu Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wignjosoebroto, Sritomo. 2017. Ergonomi: Studi Gerak dan Waktu (Teknik Analisis untuk Peningkatan Produktivitas Kerja). Surabaya: Guna Widya.

Wijaya, Kurnia. 2019. Identifikasi Risiko Ergonomi dengan Metode Nordic Body Map Terhadap Pekerja Konveksi Sablon Baju. Surakarta: Universitas Al-Azhar Indonesia. Diambil dari: https://idec.ft.ins.ac.id pada tanggal 28 September 2021 JAm 11.23 WIB

Wijaya, Sidik. 2017. Skripsi Analisis Postur Kerja Untuk Mengurangi Risiko Musculoskeletal Disorders Menggunakan Metode Rapid Upper Limb Assessment (RULA)(Stusi Kasus Pada Operator Shootblast PT ABA). Jakarta: Universitas Bakrie

Yeni. 2018. Analisis Ergonomi Beban Kerja Fisik Terhadap Stress Dan Kinerja Karyawan PT. Rifansi Dwi Putri Dwi. Pekanbaru: UNRI. Diambil dari: https://jom.unri.ac.id pada tanggal 16 Oktober pada jam 15.25 WIB

Yosineba, Tiara Putri,.Dkk. 2020.Risiko Ergonomi dan Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada Pengrajin Tenun di Palembang, Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Volume 7, No. 1.Palembang: Universitas +Srawijaya. Diambil dari: https://ejournal.unsri.ac.id pada tanggal 28 September 2021 pada jam 13.30 WIB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Suliawati Suliawati, Tri Hernawati, Tiara Anggriani Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License