RANCANG BANGUN PRASARANA PUBLIK PENGEMBANGAN ECO TOURISM BATU KATAK KECAMATAN BAHOROK – LANGKAT

Marwan Lubis, Luthfi Parinduri, Shalahuddin Alayubi Sitanggang

Abstract


Provinsi Sumatera Utara memiliki objek  wisata  alam yang luar biasa. yang dapat dinikmati oleh wisatawan baik lokal  dan mancanegara. Diantaranya  adalah Danau Toba, Pulau Samosir, Pantai Sibolga, Berastagi dan Bahorok yang terletak di Kabupaten Langkat. Destinasi wisata lain yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser adalah Tangkahan. Tangkahan memiliki nilai jual yang unik karena merupakan habitat gajah sumatera. Pilihan tempat lain yang tak kalah menarik dan bisa dinikmati keindahan lingkungannya adalah ekowisata Batu Katak yang terletak di Dusun Batu Katak, Desa Batujongjong, Kecamatan Bahorok, Langkat. Di sektor pariwisata, dua faktor: manfaat dan kepuasan wisatawan terkait dengan Sumber Daya Pariwisata dan Layanan Wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang infrastruktur publik yang dibutuhkan untuk pengembangan ekowisata Batu Katak. Infrastruktur tersebut meliputi toilet, papan interpretasi wisatawan, tempat cuci tangan (sanitasi), tempat sampah, dan rambu jalan/jalan. Infrastruktur yang dibuat harus memenuhi persyaratan Clean Health Safety Environmental Sustainability (CHSE). Dengan infrastruktur tersebut diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik bagi wisatawan sehingga jumlah kunjungan di Sumut terus meningkat. Keberhasilan pengembangan ekowisata Batu Katak juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat sekitar. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah Merancang infrastruktur penunjang ramah lingkungan sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada wisatawan yang memenuhi syarat Sertifikasi CHSE, dan Membuat Detailed Engineering Design (DED) toilet, papan interpretasi wisata, tempat cuci tangan. , tempat sampah dan penunjuk arah/tanda jalan. Tahapan yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah identifikasi masalah, penetapan tujuan penelitian, studi literatur dan lapangan yang dilakukan dengan wawancara dan observasi langsung. Tahapan selanjutnya adalah pengolahan data dan perancangan proposal desain awal.


Keywords


Ekowisata Batu Katak; Sertifikasi CHSE; Detailed Engineering Design

Full Text:

PDF

References


. Hidayati, 2019, Provinsi Sumatera Utara Miliki Potensi Wisata Yang Luar Biasa (www.redaksimedan.com).

. Oki Baren, 2022, Pemerintah Optimalisasi Potensi Pariwisata Di Sumut Selain Danau Toba, (https://www.industriproperti.com).

. Kepmen, 2021, Keputusan Menteri Nomor KM.98/PW.102/MPPT-87 tentang Ketentuan Usaha Obyek Wisata.

. UU No. 9 Tahun 1990 Bab III Pasal IV tentang Kepariwisataan

. Yoety Oka A, 1996, Pengantar Ilmu Parawisata, Angkasa, Bandung.

. Rifan Aditya, 2021, Mengenal Pengertian CHSE yang Jadi Standar Baru Industri Pariwisata, (https://www.suara.com)

. Markus Johannes, 2021, CHSE : Protokol Kesehatan Untuk Parawisata & Ekonomi Kreatif, (https://www.traveloka.com).

. PERMENPAREKRAF No. 13. 2020.

. Wayan Ardani, 2021, Implementasi CHSE Sebagai Adaptasi Dampak Pandemi Covid-19 Pada Destinasi Wisata di Indonesia, (https://www. balipuspanews.com).

. Kementrian PUPR, 2017, MODUL PEKERJAAN PERSIAPAN, Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumberdaya Air dan Konstruksi

. Aep Triyana Sumantri, 2021, Manajemen Pengawasan Konstruksi Dan Detail Engineering Design (DED), Deepublish, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Marwan Lubis, Luthfi Parinduri, Shalahuddin Alayubi Sitanggang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License