ANALISA REDAMAN FENDER PADA PEMBANGUNAN DERMAGA RO-RO TAHAP I GUNUNG SITOLI

Bangun Pasaribu, Darlina Tanjung, T. M Andre Syahputra

Abstract


Pelabuhan Gunung Sitoli merupakan pelabuhan yang ada di wilayah Pulau Nias tepatnya berada di kota Gunung Sitoli. Pelabuhan ini berperan penting bagi kehidupan masyarakat Pulau Nias dan menjadi pintu gerbang untuk menghubungkan Pulau Nias dengan Pulau Sumatera. Pada pelabuhan ini terdapat pembangunan dermaga yaitu dermaga Ro-Ro yang dikhususkan untuk kapal Ro-Ro bersandar dan menaik turunkan penumpang maupun barang, dermaga Ro-Ro dilengkapi dengan fender pada sisi dermaga untuk meredam energi dari kapal pada saat bersandar maupun bongkar muat diketahui fender yang digunakan adalah fender tipe V200H. Untuk mengetahui besar energi dari kapal yang membentur fender maka dilakukanlah penelitian dengan tujuan untuk menganalisa redaman fender pada dermaga Ro-Ro, metode yang digunakan untuk menyelesaikan penelitian ini adalah dengan melakukan studi literatur yaitu dengan mempelajari energi apa saja yang bekerja pada fender dan studi lapangan yaitu dengan mengumpulkan data-data yang diperlukan untuk menganalisa redaman fender. Hasil analisa diketahui bahwa energi terabsorbsi fender lebih besar dari energi tambat kapal dan gaya bentur yang diserap fender lebih kecil dari gaya reaksi fender, nilai absorbsi fender 1,2 ton/m dan nilai energi tambat kapal 0,156 ton/m (1,2 ton/m > 0,156 ton/m). Gaya bentur yang diserap fender sebesar 4,402 ton dan gaya reaksi fender 18 ton (4,402 ton < 18 ton), besar gaya angin dari arah haluan sebesar 0,217 ton (0,217 ton < 18 ton), besar gaya angin dari arah buritan sebesar 0,258 ton (0,258 ton < 18 ton), besar gaya angin dari arah lebar sebesar 2,957 ton (2,957 ton < 18 ton) dan besar gaya yang ditimbulkan arus sebesar 7,197 ton (7,197 ton < 18 ton).


Keywords


Pelabuhan; Dermaga; Fender; Energi; Gaya

Full Text:

PDF

References


. Agung Putra, H. Y. 2017. Peranan Fender Dalam Studi Kasus Tubrukan Landing Ship Tank Dengan Haluan TugBout 2x800 HP Menggunakan Metode Elemen Hingga. Universitas Diponegoro.

. Abdul Manan, T. S. 2015. Desain Fender Pada Condensate and Sulphuric Acid Berth PT. Pertamina-Medco E&P (JOB PMTS) di Senoro Block Project. Institut Teknologi Sepuluh November.

. Fauzan. 2018. Perencanaan Fender Dermaga (Jetty) Kapal Dengan Bobot 10000 DWT. Universitas Batam.

. Kramadibrata, S. 2002. Perencanaan Pelabuhan. Bandung : Penerbit ITB.

. Masagus Zainal Abidin, P. W. 2015. Perencanaan Fender Dermaga (Studi Kasus Dermaga Pengangkut Minyak). Luwuk Banggai Provinsi Sulawesi Tengah: Universitas Pakuan.

. Maritime Sector Development Programme Directorate Genereal of Sea Communications, 1984. Standart Design Criteria For Ports In Indonesia.

. Muhammad, Z. 2017. Penilaian Pelabuhan. Garongkong.

. OCDI, 2002. Technical Standards and Commentaries for port and Harbour Facilities in Japan.

. Sudarjo, D. F. 2015. Perencanaan Sistem Fender Dermaga (Studi Kasus Dermaga Penyebrangan Mukomuko). Bengkulu: Universitas Pakuan.

. Triatmojo, Bambang. 2010. Perencanaan Pelabuhan. Yogyakarta: Beta Offset Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bangun Pasaribu, Darlina Tanjung, T. M Andre Syahputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License